AKSI DONOR DARAH PMI KAB. ACEH SELATAN

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Bertempat di Aula Kantor Camat Labuhan Haji Sabtu (14/6) Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Aceh Selatan mengadakan kegiatan Donor Darah masal dengan jumlah peserta seluruhnya 80 orang terdiri dari anggota koramil, pegawai kantor kecamatan, puskesmas, dan masyarakat. Dalam kesempatan donor darah tersebut hanya berhasil dikumpulkan 27 kantong darah, ini disebabkan sebagian peserta donor tidak memenuhi syarat.
Hal yang sama juga diadakan dikecamatan kluet utara pada tanggal 11 juni 2014 bertempat di gedung pertemuan kluet utara dengan pesertanya anggota batalyon, koramil, camat, RAPI dan Masyarakat setempat.


Kegiatan ini sebelumnya diawali dengan promosi donor darah di 18 kecamatan yang ada dikabupaten aceh selatan dengan membagi-bagi brosur, dan memberikan penjelasan tentang manfaatnya donor darah terhadap diri kita dan masyarakat yang membutuhkan darah.

Jeep Hendrian selaku Kepala Markas PMI Kab.Aceh Selatan menyampaikan dalam kegiatan peringatan hari donor darah sedunia tanggal 14 juni 2014, kita melaksanakan  kegiatan promosi dan donor darah masal, Agar masyarakat lebih paham akan kebutuhan darah yang selama ini menjadi kendala di RSUD, selaku peran PMI dalam membantu pemerintah di bidang kesehatan khususnya membantu para pasien yang membutuhkan darah, juga mengharapkan UTD  hendaknya membuat sebuah terobosan dan upaya bagaimana melakukan kerjasama yang optimal dan mengurangi krisis kepercayaan masyarakat terhadap UTD-RSUD.Yuliddin Away-Tapaktuan. Selama ini yang diberiperan mengelola Darah di Kabupaten Aceh Selatan adalah Pihak RSUD dr. H. Yuliddin Away – Tapaktuan, kita PMI Kabupaten hanya membantu saja.

Dalam rangka hari donor darah sedunia, selain dari donor darah juga diserahkan piagam penghargaan dan souvenir.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Jeep Hendrian, Kepala Markas PMI Kabupaten Aceh Selatan, HP. 085262360193, Lastiar Muzni Relawan PMI Kabupaten Aceh Selatan, HP. 085373065365. tia.nsgirl89@gmail.com.