logo2021

GILIRAN ANAK YATIM PIATU DI SUKABUMI MENDAPATKAN EDUKASI CEGAH COVID-19

Dinar Muhammad J

Dinar Muhammad J

SUKABUMI,- Sejumlah Relawan Siaga Bencana Berbasis masyarakat (SIBAT) Kelurahan Benteng PMI Kota Sukabumi terus bergerak bersama pihak Kelurahan Benteng melakukan upaya edukasi dan kampanye untuk pencegahan penyebaran covid -19 dilokasi yang menjadi kelompok rentan.

Lurah Benteng Tri Hastuti mengatakan, kali ini sasarannya adalah panti asuhan yang dianggap rentan terpapar Covid-19.

“Panti asuhan menjadi perhatian dalam pelayanan para relawan SIBAT bersama pihak kelurahan dan unsur Satgas, karena kelompok masyarakat ini sangat rentan terjadi penularan COVID-19. Maka dari itu kami melakukan pelayanan disinfeksi, edukasi dan mendistribusikan paket bantuan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” kata Lurah Benteng Tri Hastuti, senin (15/2)

Pelayanan pencegahan Covid-19 tersebut seperti dilakukan di Panti Asuhan Muslimin Sukmawinata, Benteng, Warudoyong, Kota Sukabumi dengan diikuti peserra sekitar 35 orang.

Menurutnya, relawan SIBAT dan pihak kelurahan menggelar ragam kegiatan yang meliputi edukasi PHBS, praktek langkah cuci tangan yang benar, disinfeksi dan distribusi bantuan PHBS Kit.

Diharapkan, pemberian paket kebersihan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi anak-anak dan pengasuh di panti asuhan tersebut dan juga adanya perubahan PHBS.

“Salah satu langkah antisipasi yang baik untuk mencegah COVID-19 adalah dengan menerapkan PHBS juga dengan rajin mencuci tangan, tidak hanya untuk orang dewasa saja, tetapi juga untuk anak-anak dan usia muda,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang pengelola panti, Yayan mengucapkan bahwa pihaknya menyambut baik dengan diadakannya kegiatan yang dilakukan relawan SIBAT di panti asuhannya. Saat ini ada sekitar 40 anak yatim dan piatu yang menjadi asuhannya.

Diakuinya, di panti asuhan tersebut meski saat ini sudah diberlakukan protokol kesehatan, pihaknya sangat berharap kegiatan penyuluhan seperti ini bisa rutin dan berkesinambungan kedepannya

Ketua PMI kota Sukabumi Suranto Sumowiryo menambahkan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Program Penguatan Respon Covid -19 di masyarakat, dengan melibatkan Relawan ditingkat kelurahan sebagai upaya optimalisasi peran aktif relawan Siaga Bencana Berbasis Masyrakat (SIBAT) dalam pencegahan pandemi covid -19 dilingkungannya

Dikatakannya, dalam rangkaian kegiatan ini pihaknya mendapatkan dukungan dari USAID, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan sabit Merah (IFRC) dan PMI Pusat

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3