KEBUMEN KEMBALI KIRIMKAN RELAWAN KE LUMAJANG

Eko Purwanto

Eko Purwanto

Jawa Tengah – Kab. Kebumen – PMI Kabupaten Kebumen kembali mengirimkan sejumlah relawannya dan bantuan logistik guna penanganan tanggap bencana Awan Panas Guguran Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

Keberangkatan sejumlah relawan dilepas langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Kebumen Drs H Sabar Irianto di Halaman Markas PMI, Jalan Arungbinang, Senin (13/12) pagi.

Personel sukarelawan yang dikirim ke Lumajang diantaranya Nadhli Muhammad Nur Syifa (logistik), Rizki Fathur Rohman (logistik), Amanatul Istafiyah (pelayanan kesehatan), Akbar Rosyid (pelayanan kesehatan) dan Siti Mutaliah (pelayanan kesehatan)

Para relawan itu telah tiba di Lumajang pada pukul 21.00 WIB Senin malam dan langsung menuju Pos Lapangan di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro untuk menjalankan penugasan pada keesokan harinya. Mereka akan ditugaskan selama tujuh hari sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Pengiriman tim kedua ini diharapkan mampu menambah kontribusi tenaga pada penanganan bencana di Lumajang. Pergantian tim kedua ini sekaligus menjemput tim sukarelawan pertama yang telah habis masa tugas kembali ke Markas PMI Kebumen, dimana pada pemberangkatan Tim I Relawan PMI Kebumen dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2021.

Menurut keterangan Sekretaris PMI Kebumen Muhsinun, sepekan Gunung Semeru bererupsi mengeluarkan abu vulkanik hingga kini masih berdampak besar bagi masyarakat sekitar. Terutama wilayah Kabupaten Lumajang.

Bahkan turut mengundang empati berbagai pihak untuk mengirim bantuan tenaga dan paket logistik. Melihat kondisi dan situasi terbaru pascaerupsi, masyarakat yang mengungsi di posko kebencanaan masih terus membutuhkan bantuan baik sandang maupun pangan.

PMI Kebumen pun kembali tergugah mengirimkan sejumlah sukarelawan dan distribusi bantuan berupa beras satu ton, ditambah paket sembako dan bantuan sandang berupa pakaian dalam anak, maupun pakaian dalam dewasa.

Distribusi bantuan logistik yang dikirim ke Lumajang pada tahap kedua tersebut merupakan hasil akumulasi bantuan yang terkumpul di markas PMI dari berbagai pihak. Seperti dari siswa sekolah, komunitas, persatuan organisasi lainnya.

Bantuan dari PMI Kebumen langsung dialokasikan oleh petugas setempat setelah tim tiba lokasi bencana agar dapat dimanfaatkan untuk masyarakat yang mengungsi. “Bantuan ini kami terima, kami ucapkan terima kasih kepada tim PMI Kebumen dan Insya Allah logistik di posko pengungsian masih aman untuk dua minggu ke depan,”ujar Edi Imam Sujono selaku Koordinator Logistik Posko Lumajang.

Bagi masyarakat Kebumen yang masih ingin berdonasi memberikan bantuan terhadap korban erupsi Gunung Semeru, PMI Kebumen masih membuka rekening donasi bantuan melalui nomor rekening BNI 3818180006an/Donasi Bantuan PMI Kebumen dan BSI 4447788999an/Donasi Kemanusiaan.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

SASAR SEKOLAH, PMR SMA NEGERI AMBULU HIMPUN 50 KANTONG DARAH

Jember - Palang Merah Remaja (PMR) SMA Negeri Ambulu aktif gelar donor darah sekaligus...

DONOR DARAH SEKALIGUS HIJAUKAN KEMBALI LAHAN KRITIS

JEMBER – PMI Kabupaten Jember bersama Majelis Daerah KAHMI Jember, Forhati Jember berkolaborasi mengadakan...

PMI DAMPINGI MASYARAKAT WATU LAWANG, BAK PENAMPUNGAN AIR PERTAMA RAMPUNG DIBANGUN

CILEGON,- Dalam menjalankan tugasnya membantu Pemerintah dibidang kemanusiaan, Palang Merah Indonesia (PMI) telah melakukan...