logo2021

BANTUAN MASKER DAN AIR BERSIH UNTUK KORBAN BENCANA DI TANAH AIR

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Sehubungan dengan sejumlah bencana yang tengah terjadi di tanah air, Palang Merah Indonesia (PMI) ikut terjun untuk membantu masyarakat yang terkena dampak bencana tersebut. Bencana dimaksud adalah dari bencana kekeringan di wilayah pulau Jawa, bencana kabut asap akibat kebakaran di Sumatera Selatan serta Riau, serta bencana erupsi Gunung Sinabung dan erupsi Gunung Slamet.

Respon PMI adalah menyiagakan dan  memobilisasi para relawan yang tersebar di masing-masing wilayah. Mereka juga melakukan berbagai upaya pencegahan (preventif), termasuk mendistribusikan masker serta melakukan distribusi air bersih untuk membantu masyarakat yang dilanda kekeringan akibat musim kemarau dan hujan yang tidak kunjung datang.

“Kami telah memobilisasi para relawan untuk turun ke lokasi bencana dan melakukan respon terhadap berbagai bencana, dari bencana kekeringan, kabut asap sampai erupsi gunung api,” jelas Pengurus Pusat PMI, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana, H. Sumarsono.

Lebih lanjut Sumarsono menjelaskan, untuk bencana kekeringan di wilayah Pulau Jawa, Sejak Juli 2014 PMI telah memobilisasi 35 truk untuk mendistribusikan air bersih sebanyak 5 juta liter dengan total penerima manfaat sebanyak 52.953 KK yang tersebar di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Timur.

Disamping bantuan air bersih, PMI juga mendistribusikan total 90 ribu masker untuk masyarakat yang terkena dampak bencana kabut asap dan erupsi gunung. Sebanyak 10 ribu masker untuk antisipasi bencana kabut asap di Sumatera Selatan, sementara 60 ribu masker didistribusikan untuk antisipasi bencana asap di Riau serta Jambi.

Untuk bencana erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, PMI mendisitribusikan hingga 20 ribu masker ditambah dengan menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 80 ribu liter ke 16 titik pengungsian.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi; Arifin M. Hadi, Kepala Divisi Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI, HP. 0811943952 atau Tia Kurniawan, Kepala Sub. Tanggap Darurat, Divisi Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI, HP. 085624398474, Kontak Media, Anggun Permana Sidiq, HP. 085697777313

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3