logo2021

SIBAT PMI KABUPATEN BOGOR BANTU PROGRAM VAKSINASI

Farhan Irfan

Farhan Irfan

CIBONGON,BOGOR-Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) membantu Puskesmas Kecamatan Cibinong, Kabuaten Bogor dalam vaksinasi covid-19, Senin (14/6/2021).  Sejumlah relawan masyarakat binaan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor tersebut membantu tim vaksinator dalam pendataan serta pendampingan peserta vaksinasi.

Pengurus PMI Kecamatan Cibinong Dian Nurul menjelaskan, pelibatan Tim Sibat dalam penanggulangan dan pencegahan covid-19 telah dilakukan sejak awal pandemi. Sementara dalam vaksinasi, lanjut Dian, pelibatan Tim Sibat bertujuan untuk mempercepat program vaksinasi covid-19. Seperti diketahui, pemerintah menargetkan 70 penduduk tervaksinasi hingga September 2021.

“Selama ini kita sangat aktif melakukan edukasi dan promosi kesehatan, melakukan pendampingan spraying bahkan pemulasan dan pemakaman pasien covid-19. Sementara dalam vaksinasi, kami terlibat sebagai pendukunga agar program ini efektif, cepat, dan merata,” jelas Dian.

Dian menambahkan, pelibatan relawan masyarakat PMI ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. Satu unit mobil ambulans dari Pemkab Bogor, sambung Dian, digunakan PMI dalam melaksanan berbagai pelayanan. Ia berharap, kolaborasi antara relawan PMI, Tim Sibat, serta Pemkab Bogor ini terjalin dengan baik hingga pandemi usai.

“Sukur alhamdulillah setiap desa binaan Sibat PMI mendapatkan dukungan dari Ibu Bupati Kabupaten Bogor. Tentu ini menambah semangat kami dalam membantu warga,” jelasnya.

Dian yang juga diamanahi sebagai Sekretaris Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Kabupaten Bogor ini menambahkan, pelibatan Sibat dalam program vaksinasi juga dilakukan di beberapa kecamatan lainnya. Mereka, kata Dian, umumnya mendampingi petugas dalam pemberian vaksin untuk warga.

“Berdasarkan data, pelibatan Sibat ini dilakukan di 16 Desa di Kabupaten Bogor,” tukas Dian.

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

X