PMI BANTU BANJARNEGARA

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Untuk meringankan beban korban longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karang Kobar, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, Palang Merah Indonesia (PMI) menurunkan para relawan untuk proses evakuasi. Hingga sabtu malam (13/12), relawan PMI terus berdatangan untuk membantu evakuasi. Relawan yang turut membantu diantaranya adalah PMI Banyumas, Cilacap, Wonosobo, Pekalongan, Purbalingga, Sleman, Bantul, Gunung Kidul, Solo dan Banjarnegara.

Pencarian dan penyelamatan korban oleh tim SAR gabungan masih dilakukan berkejaran dengan cuaca. Potensi hujan tinggi masih berpeluang terjadi sehingga dapat memicu longsor susulan dan menyulitkan pencarian korban. Minggu (14/12), Tim SAR gabungan telah menemukan 20 jenazah diantaranya 18 jenazah berhasil teridentifikasi dan 2 jenazah belum teridentifikasi. Sementara itu, Tim SAR masih mencari 88 orang yang tertimbun longsor.

Terdata sebanyak 640 relawan dari berbagai instansi juga sudah berada di lokasi bencana untuk melaksanakan pencarian dengan luas cakupan mencapai 10 Ha. Tim SAR gabungan termasuk relawan PMI akan memulai kembali pencarian korban bencana longsor pagi ini (15/12).

Kepala Humas PMI Jawa Tengah, Muhammad Nashir, mengatakan terdapat 380 pengungsi memilih tinggal di Masjid At-Taqwa, 106 orang warga di Balai Desa Sijeruk, dan 78 orang di sejumlah rumah warga.

“Saat ini yang mereka butuhkan adalah bantuan logistik. Dan PMI juga akan membuka dapur umum, dan rencananya untuk memberikan makan pagi sebanyak 500 paket,” jelasnya.

PMI telah mendistribusikan bantuan berupa 50 buah Family Kit, 200 buah Tikar, 200 buah Selimut, 2 unit Truk Tanki 100 buah kantong jenazah, 50 buah terpal, serta 2 unit haglund dan 1 unit mobil 4×4 yang di distribusikan langsung dari gudang Gresik. Selain itu, PMI juga membuka pos kesehatan untuk sanitasi posko, mobile clinic dan pelayanan kesehatan. Ada pula pelayanan Restoring Family Links PMI yang berfungsi untuk melakukan komunikasi maupun pencarian anggota keluarga yang belum ditemukan akibat bencana.

Untuk Informasi Lebih Lanjut, Silahklan Hubungi : M. Nashir Jamaludin, PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp: 081228011455 – 081575629075, Email: nashrjateng@gmail.com atau Ali Mahsyar, staf PB PMI Jawa Tengah, Hp: 085640100517

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PMI CILEGON IKUTI SIMULASI KEDARURATAN KESEHATAN MASYARAKAT 2022

CILEGON,- Kota Cilegon merupakan daerah dengan potensi bencana tertinggi di Indonesia, selain bencana alam...

𝐏𝐌𝐈 𝐒𝐚𝐥𝐮𝐫𝐤𝐚𝐧 𝐁𝐚𝐧𝐭𝐮𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐏𝐞𝐧𝐲𝐢𝐧𝐭𝐚𝐬 𝐆𝐞𝐦𝐩𝐚 𝐂𝐢𝐚𝐧𝐣𝐮𝐫 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢 𝐫𝐚𝐰𝐚𝐭 𝐝𝐢 𝐑𝐒𝐔𝐃. 𝐑 𝐒𝐲𝐚𝐦𝐬𝐮𝐝𝐢𝐧 𝐒𝐇

KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menyalurkan bantuan kepada...

RESPON GEMPA CIANJUR ; KSR PMI ITS MANDALA JEMBER GALANG DANA UNTUK KORBAN CIANJUR

JEMBER -  Sejumlah aktivis kemanusiaan yang terhimpun dalam Korps Sukarela (KSR) Institute Teknologi dan...