PERINGATI HARI DONOR DARAH SEDUNIA, LEBIH AKTIF JADI RELAWAN PENDONOR

Gufron PMI Kabupaten Jember

Gufron PMI Kabupaten Jember

JEMBER – Saat ini kita sudah memasuki era transisi dari pandemi ke endemi. Palang Merah Indonesia (PMI) sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas peran besar masyarakat menjadi relawan pendonor yang berkelanjutan. PMI berharap para relawan pendonor lebih aktif untuk kegiatan donor darah sukarela.

Pasalnya, para relawan pendonor yang aktif tiap dua bulan sekali untuk donor jumlahnya masih belum banyak. Lebih banyak relawan pendonor yang sifatnya parsial yaitu pendonor darah yang tidak rutin untuk donor darah. Mereka rata-rata jeda waktu untuk donor darahnya lebih dari tiga bulan sekali untuk donor darah.  Untuk itu, dalam peringatan Hari Donor Darah Sedunia PMI mengusung tema “Donating blood is an act of solidarity, join the effort and save lives” atau “Mendonorkan darah adalah suatu tindakan solidaritas, bergabunglah dan selamatkan nyawa”.

“Melalui semangat solidaritas dan kebersamaan ini kami ingin para pendonor darah sukarela menjadi bagian dari penyebaran nilai aksi kemanusiaan sekaligus nilai-nilai kepalangmerahan untuk terus membantu sesama tanpa membedakan suku, bangsa, agam, dan ras,” tutur ketua pMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH membacakan rilis dari PMI pusat.

Untuk itu,  PMI membuat sebuah kampanye untuk saling memberikan dukungan antar sesama. Bertemakan “Solidaritas Donor Darah” dan “Gabung Selamatkan Nyawa”, di Hari Donor Darah Sedunia (Wolrd Blood Donor Day), pada 14 Juni 2022 ini. Wolrd Blood Donor Day  diperingati dengan berbagai kegiatan sederhana melalui pemanfaatan media sosial sebagai saluran publikasi.  Guna meraih jangkauan seluas-luasnya, diharapkan seluruh PMI Prov/kab/kota dari berbagai elemen baik pengurus hingga relawan ditingkat masyarakat dapat turut serta dalam kampanye ini.

Tak lupa pula, kampanye ini akan dipublikasikan serentak pada 14 Juni 2022 melalui perangkat publikasi internal yang dimiliki PMI Prov/kab/kota. Kegiatan yang akan dilakukan antara lain, Feed Instagram yaitu  kampanye yang diusung oleh World Health Organization melalui World Blood Donor Day secara global, di mana kita diminta untuk mengunggah postingan berisi ucapan  janji “Saya akan donor darah” agar pembaca/viewers tergerak hatinya agar mendonorkan darahnya untuk menolong sesama,” imbuhnya.

Kemudian melalui Facebook.  Secara bersama-sama serentak menggunakan Cover HDDS 2022 di Facebook masing-masing mulai tanggal 14 Juni 2022.”Termasuk melalui Twibbon,” imbuhnya.  Twibbon adalah template frame foto yang dapat digunakan untuk mengganti profile picture di media sosial dan feed untuk media sosial sesuai dengan tema HDDS 2022. Serta posting sebagai status di media sosial dengan menyertakan hastag #SolidaritasDonorDarah #GabungSelamatkanNyawa #HDDS2022  #Ayodonordarah #Worldblooddonorday.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PMI CILEGON LATIH PENGURUS RT/RW MANAJEMEN TANGGAP DARURAT BENCANA

CILEGON.- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon latih pengurus RT / RW Manajemen Tanggap...

PENYEMPROTAN DISINFEKTAN CEGAH PENULARAN PMK

Penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang terus berkembang di Jatim...

PMI KOTA PASURUAN STUDI PROGRAM KE PMI KABUPATEN JEMBER

JEMBER - Sejumlah pegawai dan relawan PMI Kota Pasuruan berkunjung ke markas PMI Kabupaten ...