1000 PENDONOR SERBU MONAS HINGGA HI

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Donor darah adalah Ibadah… Donor darah adalah Cinta… Donor darah itu Siapapun…

Begitulah bunyi seruan yang berkumandang di sepanjang jalan Merdeka Barat hingga Bundaran HI, Minggu (14/6). Seribu orang dengan gegap gempita meramaikan suasana Car Free Day kala itu. Deru langkah kaki penuh semangat serta sorak sorai seruan donor darah, menarik perhatian masyarakat yang sedang berolahraga. Tak sedikit dari mereka berhenti sejenak dan memperhatikan rombongan berekor panjang ini.


Mereka adalah para pendonor darah sukarela yang rutin menyumbangkan darahnya. Mulai dari masyarakat, komunitas darah seperti Komunitas AB dan Rhesus Negatif, hingga para mitra perusahaan yang peduli aksi donor darah untuk kemanusiaan. Seluruh pendonor darah sukarela ini mengikuti jalan sehat dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia 2015.

Ketua umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan bahwa tanggal 14 Juni telah ditetapkan sebagai Hari Donor Darah Sedunia – World Blood Donor Day. Peringatan Hari Donor Darah Sedunia dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebutuhan darah yang aman.

“Bertemakan Thank You For Saving My Life, kami mengucapkan terimakasih kepada para pendonor darah sukarela yang telah menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan,” tegas JK dalam akhir sambutannya.

Dikibarkannya bendera hitam putih oleh Bapak JK menandakan dimulainya jalan sehat yang mengambil rute Monas – HI – Monas. Seribu pendonor sukarela mulai berjalan menuju HI dan kembali lagi ke Monas. Bentangan spanduk bertulis ajakan berdonor mampu menarik perhatian masyarakat. Tak lupa pula para peserta jalan sehat membagikan bunga dan pin donor darah sebagai ungkapan terimakasih kepada masyarakat yang telah berdonor darah.

Untuk informasi lebih lanjut: Lilis Wijaya, Kepala Divisi Unit Donor Darah dan Rumah Sakit PMI Pusat, HP. 0878 8181 8465