logo2021

40 SATPAM DILATIH PERTOLONGAN PERTAMA DAN SAR

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Sebanyak 40 anggota Satpam di Wilayah Hukum Polres Tegal dilatih materi Pertolongan Pertama DAN SAR oleh Tim PMI Kabupaten Tegal, Selasa (13/5/2014) di Aula Gedung Yaumi Center Slawi.

Pembekalan itu dilaksanakan dalam rangka Pendidikan dan Latihan Dasar Satpam angkatan IX/2014 Tingkat Polda Jateng yang digelar oleh Polres Tegal. Koordinator Pelatih PMI Kabupaten Tegal, Tri Winarno mengatakan, anggota Satpam penting sekali dibekali pengetahuan Pertolongan Pertama, karena tugas Satpam beresiko terhadap ancaman yang beresiko terhadap cidera bahkan kehilangan nyawa.

 

“Dengan Pembekalan materi Pertolongan Pertama, anggota Satpam dilapangan diharapkan mampu memberikan pertolongan pertama pada orang lain maupun diri sendiri guna menghindari cidera yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Adapun  materi Pertolongan Pertama yang diberikan antara lain cara penanganan orang pingsan, penanganan orang tenggelam, penanganan cidera jaringan lunak, Penunjang Hidup Dasar dengan Praktek Pernapasan Buatan dan Resusi Jantung Paru serta praktek balut membalut.

“Sedangkan untuk materi SAR, mereka dibekali teori materi SAR dan praktik repling yang dipusatkan di Lapangan GOR Tri Sanja Slawi,”imbuhnya.

Sementara itu, Kasat Binmas selaku Kepala Pelaksana Latihan, AKP Hartoto, S.Pd, mengatakan, tujuan dilaksanakannya Diksar itu adalah untuk menciptakan anggota Satpam yang handal, memiliki kemampuan keterampilan berbagai  bidang ilmu dalam rangka menciptakan keamanan masyarakat.

“Menciptakan Lingkungan yang aman dan masyarakat yang aman tidak bisa hanya  mengandalkan Polri saja, tapi perlu peran serta masyarakat. Yaitu dengan membangun kemitraan dengan seluruh potensi masyarakat dan salah satunya adalah dengan memperdayakan anggota Satpam yang terlatih,” tuturnya disela-sela menyaksikan praktik repling Satpam di Gor Tri Sanja Slawi, kemarin.

Pendidikan dan Latihan Dasar Satpam angkatan IX / 2014 Tingkat Polda Jateng yang digelar oleh Polres Tegal itu, digelar selama tiga minggu, yakni  tanggal 7 s.d 27 Mei 2014 dengan pemateri dari Polres Tegal, PMI, SAR, Damkar dan instansi terkait.

 

 

 

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3
X