JUKLAK DAN JUKNIS BIDANG KEHUMASAN DISUSUN

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Sebagai suatu pendukung manajemen, peran Humas sangat penting dan strategis bagi setiap organisasi. Tidak ada yang meragukan peran itu. Namun, kerap menjadi pertanyaan kemudian, bagaimana seharusnya peran humas dalam struktur organisasi, sehingga pada akhirnya peran yang diharapkan akan dilakukan Humas itu bisa terwujud?

Guna menjawab pertanyaan tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat menyelenggarakan workshop penyusunan petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) bidang kehumasan. Bertempat di Wisma PMI, wokshop juklak dan juknis diselenggarakan selama tiga hari yang dimulai dari tanggal 13 – 15 April 2015.


Sunarbowo Sandi selaku Kepala Markas PMI Pusat dalam sambutannya, Humas merupakan ujung tombak sebuah organisasi. Terutama dalam hal membangun citra serta meembentuk reputrasi. Oleh karenanya, penting bagi seorang Humas PMI di seluruh wilayah untuk memahami apa yang seharusnya seorang humas lakukan.

Guna mencapai visi dan misi yang dicita-citakan, PMI memerlukan petunjuk pelaksanaan bagi pihak internal PMI.  Juklak dapat menjadi panduan dalam kegiatan kehumasan yang terstuktur, efektif, efisien serta sesuai dengan koridor  Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) tersebut dinamakan Juklak Pencitraan merujuk dari Peraturan Organisasi (PO) PMI No. 009/PP PMI/2011 tentang Pencitraan.

Selain Juklak, dalam workshop juga akan disusun tiga buah juknis diantaranya Juknis Kehumasan, Juknis Media Daring dan Juknis KIE dan Penguatan Identitas PMI. Dua puluh satu peserta dibidang kehumasan hadir dalam workshop ini. Mulai dari humas PMI Pusat, humas PMI daerah serta divisi/biro/unit terkait dengan bidang kehumasan. Turut hadir pula perwakilan dari IFRC dan ICRC untuk membantu penyusunan Juklak dan Juknis ini.

“Dengan disusunnya juklak dan juknis bidang kehumasan ini dapat menjadi panduan bekerja humas baik di pusat, daerah serta unit PMI. Selamat bekerja.” Jelas Sunarbowo dalam akhir sambutannya yang sekaligus menandakan dibukanya workshop, Kemarin (13/4).

Untuk informasi selengkapnya, dapat menghubungi : Aulia Arriani, Kepala Biro Humas PMI Pusat, Email : aulia_arriani@pmi.or.id, Hp : 0816795379