TEMANGGUNG KEMBANGKAN DESA SIAGA BENCANA

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Kabupaten Temanggung merupakan salah satu wilayah yang memiliki beberapa kerawanan bencana. PMI Kabupaten Temanggung mengembangkan program kesiapsiagaan berbasis masyarakat untuk beberapa desa yang memiliki potensi bencana. Program yang dilaksanakan mulai bulan juni ini merupakan kerja sama dengan BPBD Temanggung.

Peserta yang rata-rata masih muda, mengaku lebih memahami tentang bencana dan penanganannya. “Peserta didominasi pemuda-pemudi desa, sehingga semangat dan kompak selama pelatihan. Tiap materi dapat dipahami dan dpraktikkan dengan baik,” ujar Khamim, fasilitator pelatihan di Desa Jumo-Temanggung (11/6).

“PMI Temanggung melakukan pengembangan desa siaga bencana di 4 desa yang ada di 4 kecamatan. Kami berharap dapat melatih 320 orang warga untuk memahami dan mampu mengurangi risiko bencana di desanya,” jelas Andi Pratikno, Staf PB PMI Temanggung.

Materi yang diberikan meliputi pertolongan pertama, pemahaman bencana, dan kesiapsiagaan. Saat ini kami telah memiliki tim Sibat di 2 desa, yakni desa Tlogomulyo yang ada di kaki gunung Sumbing dan Desa Jumo. “Kami berharap tim sibat bisa mengembangkan kesiapsiagaan bencana di masyarakat. Tahun 2016 seluruh desa di kabupaten Temanggung bisa menjadi Desa Siaga Bencana,” harapnya.

Informasi lebih lanjut: M. Nashir Jamaludin, Kepala Divisi Humas PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp. 081228011455 – 081575629075. email  : nashrjateng@gmail.com