logo2021

PENUTUPAN BULAN DANA PMI KOTA JAKARTA SELATAN

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Dalam Bulan Dana PMI Tahun 2014/2015 yang berlangsung 17 Juli 2014 sampai 17 Januari 2015, PMI Kota Jakarta Selatan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 3.939.085.424,- kendati angka ini turun 7% dibanding Bulan Dana tahun 2013/2014 yang mencapai Rp. 4.255.675.066,-. Bulan Dana PMI Kota Jakarta Selatan tahun ini menempati urutan kedua setelah Jakarta Timur atau naik dari posisi ketiga di tahun lalu. Hal ini dikemukakan Drs. Syamsuddin Noor, Msi, Walikota Jakarta Selatan pada penutupan Bulan Dana PMI Kota Jakarta Selatan 2014/2015 di Ruang Pola Kantor Walikota Jakarta Selatan, Kamis (12/2) kemarin.

Dijelaskan, PMI Provinsi DKI Jakarta beserta keenam cabangnya dalam usaha menghimpun dana melalui Program Bulan Dana dilaksanakan berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor : 186/2010 dan SK Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Nomor : 289 Tahun 2014. Sasaranya Instansi Pemerintah dan Swasta, termasuk sekolah-sekolah tingkat SD/MI, SLTP/MTs, SMA/SMK/MA dan pengunjung tempat hiburan seperti Kebon Binatang Ragunan, Bioskop, serta lainya.

 

Menurut Syamsuddin Noor, Walikota dan juga Pelindung PMI Kota Jakarta Selatan dalam melaksanakan kegiatan, PMI mempunyai fungsi, peran, dan tujuan utama dalam membantu tugas pemerintah dibidang kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana serta donor darah. “Selama ini jika terjadi bencana baik banjir, kebakaran, kecelakaan dan lainya, PMI sudah menunjukkan eksistensinyadengan selalu tiba dilokasi bencana beserta instansi lain,”ungkapnya. Tugas yang dilakukan PMI jika terjadi musibah seperti banjir atau kebakaran lanjutnya antara lain dengan melakukan evakuasi korban bencana, mendirikan tenda penampungan, memberikan layanan dapur umum, pelayanan ambulans, kesehatan dan lainya.

Dala menjalankan tugas, PMI Kota Jakarta Selatan senantiasa bekerjasama dengan tokoh masyarakat setempat, PKK, Camat, Lurah, Lintas sektorat terkait, dan organisasi kemasyarakatan lainya. “sebagai anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  DKI Jakarta, PMI khususnya PMI Kota Jakarta Selatan hendaknya senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan dan kerjasama dengan Lintas sektoral terkait,” pinta Syamsuddin.

Untuk menjalankan kegiatan dan operasional, kata walikota, PMI senantiasamemerlukan dan selalu mengupayakan adanya dukungan, bantuan, dan peran aktif masyarakat dan pihak terkait. “Untuk itu, sudah menjadi kewajiban kita semua berupaya membantu tugas-tugas PMI, diantaranya dengan pengumpulan dana melalui Bulan Dana PMI yang diadakan setiap tahun ini,” ucapnya.

Masyarakat telah membantu PMI dengan memberikan sumbangan melalui Bulan Dana PMI Kota Jakarta Selatan tahun 2014/2015. “Saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada masyarakat Jakarta Selatan khususnya dan masyarakat umumnya yang telah menyisihkan sebagian rejekinya untuk kamanusiaan.” Kata Walikota. Selain itu, lanjutnya selamat kepada Panitia Pelaksana Bulan Dana PMI Tahun 2014/2015 yang telah bekerja sehingga berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 3.939.085.424,-.

“Kepada PMI Kota Jakarta Selatan, hasil Bulan Dana PMI ini hendaknya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk keperluan tugas-tugas dan kegiatan sosial kemanusiaan, khususnya dalam upaya meringankan beban penderitaan sesama manusia.” Kata Syamsuddin.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Jakarta Selatan Drs. H. Dadang Dasuki mengemukakan, Bulan Dana PMI Kota Jakarta Selatan selalu mengacu dan mengikuti ketentuan PMI Provinsi DKI Jakarta dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta. “Selama ini Bulan Dana PMI di Provinsi DKI Jakarta memakai sistem kupon,” ungkapnya. Dengan sistem ini, lanjut Dadang, partisipasi masyarakat terutama masyarakat menengah kebawah, dalam Bulan Dana di DKI Jakarta cukup tinggi. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil Bulan Dana PMI yang diperoleh setiap tahun.

Pada Bulan Dana yang akan datang, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama merencanakan akan meniggalkan cara pengumpulan Bulan Dana PMI dengan memakai kupon. Pengumpulan Dana PMI diharapkan dapat diperoleh dari perusahaan-perusahaan dan memakai cara non tunai. “Untuk itu, saya berharap agar semua pihak dapat memberi masukan tentang pelaksanaan Program Bulan Dana PMI ini atau mencarikan formula baru yang mengadaptasikan cara kupon dan cara lainya,” Kata dadang.

Diharapkan, bagaimana pun cara Bulan Dana PMI dilakukan, hendaknya penghimpun dana dari masyarakat dan dunia usaha untuk organisasi sosial kemanusiaan ini dapat lebih baik dari tahun sebelumnya. Karena, Bulan Dana PMI merupakan sumber dana utama PMI untuk biaya kesiapsiagaan dan penanganan bencana, Pembinaan Palang Merah Remaja (PMR), dan Relawan, penguatan kapasitas sumber daya dan manusia, pelayanan kesehatan dan donor darah, biaya operasional kantor dan belanja pegawai.

Untuk informasi selengkapnya, dapat menguhubungi : Dedet, humas PMI Jakarta Selatan, Hp: 085285401072

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3