PMI Provinsi Lampung Gelar Orientasi PGI

Yunas Tanto

Yunas Tanto

Bandar Lampung — Ketua PMI Provinsi Lampung Riana Sari Arinal melalui Wakil Ketua Rudi Syawal Sugiarto, membuka secara resmi kegiatan Orientasi Perlindungan Gender dan Inklusi Program PERTAMA-DAS yang digelar di markas PMI setempat, Rabu (10/11).

 

Kegiatan tersebut, selain melibatkan relawan PMI yang tersebar di setiap kabupaten, juga melibatkan sejumlah instansi terkait seperti Dinas PPPA, Penggerak PKK serta BPBD Provinsi Lampung.

Ketua PMI Riana Sari Arinal dalam sambutan tertulis yang disampaikan Wakil Ketua Rudi Syawal Sugiarto mengatakan, Perlindungan Gender dan Inklusi (PGI) adalah pendekatan untuk memastikan bahwa Palang Merah dan Bulan Sabit Merah menjangkau mereka yang paling membutuhkan dengan bantuan yang relevan dan efektif, serta tidak merugikan.

“PGI adalah urusan semua orang tetapi tidak semua orang memiliki kompetensi, pengetahuan atau pengalaman untuk memastikan PGI. Perlindungan Gender dan Inklusi (PGI) adalah tentang memastikan DIGNITY, AKSES, PARTISIPASI, dan KESELAMATAN orang mencakup dan menangani kekerasan antar-pribadi, diskriminasi, marginalisasi, penelantaran, eksploitasi dan pelecehan; perlakuan tidak adil dan perilaku buruk orang terhadap orang lain,” kata dia.

Hal di atas lanjutnya, selaras dengan tujuan penyelenggaraan kepalangmerahan dalam konteks penanggulangan bencana, yaitu memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap ancaman, risiko, dan dampak bencana khususnya kelompok rentan, sebagaimana tercantum dalam PP No. 7 tahun 2019 pasal 8 huruf b.

“Untuk memastikan bahwa pendekatan ini dapat berjalan secara aktif dikondisi tanggap darurat, maka diperlukan sebuah langkah pengarusutamaan pada saat pra bencana, khususnya pengintegrasian dalam program-porgram ketangguhan yang berkontribusi dalam pembangunan masyarakat secara umum. Untuk memastikan ketersediaan sumberdaya manusia yang memahami, dan mampu menjadi penggerak sekaligus motivator terintegrasikannya pendekatan PGI dalam layanan-layanan kemanusiaan PMI,” terangnya.

Pihaknya juga berharap, bahwa kegiatan orientasi PGI ini mampu menghasilkan Personal in Chas (PIC) atau Focal Point bagi PMI Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, serta mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personil PMI, dalam mengarusutamakan PGI pada pelayanan PMI.

Kegiatan orientasi yang digelar selama lima hari kedepan, dari 9 hingga 13 November 2021 ini, diikuti sebanyak 27 orang peserta dan menghadirkan fasilitator dari PMI Pusat Rofiq Anshori dan Erna Cahayani.

14

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PMI DAN ICRC PERKUAT KERJA SAMA KEMANUSIAAN

JAKARTA—Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Komite Internasional Palang Merah atau ICRC berkomitmen untuk memperkuat...

PMI DAN KOICA AJARKAN ANAK KESIAPSIAGAAN BENCANA

PEKALONGAN - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Korean International Cooperation Agency (KOICA) menggandeng 150...

Respon Erupsi Semeru, PMI Kabupaten Blitar Kirim Relawan

Blitar - PMI Kabupaten Blitar menerjunkan personel dan bantuan ke lokasi terdampak erupsi Gunung...