HARI KE-8 PASCABANJIR & LONGSOR, PMI KABUPATEN LUWU DISTRIBUSIKAN 29.750 LITER AIR

Nhisa Dikuone

Nhisa Dikuone

KABUPATEN LUWU, SULSEL,- Hari ke delapan pascabanjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Luwu, Provinsi Sulwesi Selatan (Sulsel), PMI Kabupaten Luwu mendistribusikan 29.750 liter air untuk sekira 1.7718 tersebut di wilayah terdampak bencana. Selain itu, relawan PMI juga telah melakukan pelayanan kesehatan hingga Senin (11/10/2021) dengan penerima manfaat sebanyak 296 jiwa.

Ketua PMI Kabupaten Luwu, H. Andi Mudzakkar didampingi Wakil Bupati, Syukur Bijak (Dewan Kehormatan) menyatakan, sejak terjadinya banjir bandang dan tanah longsor, respon PMI dengan memobilisasi personil relawan untuk melakukan pelayanan kesehatan dan distribusi air bersih, termasuk layanan dapur umum. “Fokus PMI melakukan pelayanan di dua Kecamatan yaitu Walenrang Barat dan Lamasi Timur,” katanya.

Dijelaskan, PMI Kabupaten Luwu mendapatkan dukungan dari Markas Pusat berupa hygiene kit sebanyak 300 paket, terpaulin 100 lembar, selimut 100 pcs dan disinfektan mandiri 100 paket. “Hingga Senin kemarin, kami sudah mendistribusikan bantuan tersebut kepada masyarakat terdampak bencana yaknin sembako 43 paket, terpaulin 10 lembar, selimut 43 pcs, hiygine kit 43 Paket,” katanya.

Untuk diketahui, Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Kabupaten Luwu terjadi pada Minggu (03/10/2021) mengakibatkan 6 (enam)  kecamatan terdampak, yaitu Walenrang, Walenrang Barat, Walenrang Utara, Walenrang Timur, Lamasi dan Lamasi timur.

Informasi BNPB pada Sabtu (09/10/2021) sebanyak 771 KK/ 3.084 jiwa terdampak, 4 orang meninggal dunia, 169 jiwa mengungsi, 20 jiwa dirujuk ke puskesmas. Sebanyak 771 unit rumah terdampak banjir, 5 unit rumah rusak berat, 2 unit rumah hanyut, 1.432 Ha lahan pertanian dan perkebunan terendam, 14 titik tanggul dengan total 150 meter jebol.***

37

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PMI DAN ICRC PERKUAT KERJA SAMA KEMANUSIAAN

JAKARTA—Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Komite Internasional Palang Merah atau ICRC berkomitmen untuk memperkuat...

PMI DAN KOICA AJARKAN ANAK KESIAPSIAGAAN BENCANA

PEKALONGAN - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Korean International Cooperation Agency (KOICA) menggandeng 150...

Respon Erupsi Semeru, PMI Kabupaten Blitar Kirim Relawan

Blitar - PMI Kabupaten Blitar menerjunkan personel dan bantuan ke lokasi terdampak erupsi Gunung...