SIBAT GANDEKAN EVAKUASI SUSPEK COVID-19

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Kelurahan Gandekan, Jebres Surakarta mengevakuasi 15 warga suspek covid-19 ke fasilitas isolasi mandiri, Senin (12/10/2020). Relawan Sibat bersama Gugus Tugas setempat memanfaatkan gedung taman kanak-kanak di wilayah setempat untuk menampung warga yang diduga berkontak erat dengan pasien covid-19 tersebut.

Manajer Penguatan Respons Masyarakat PMI Surakarta Jumadi menjelaskan, PMI melalui Sibat menyediakan satu ambulans  untuk mengevakuasi sejumlah warga tersebut. Isolasi mandiri bagi 15 warga tersebut dilakukan tidak di rumah lantaran pemukiman yang padat penduduk. Jumadi menambahkan, dengan ditempatkan di satu fasilitas, pendampingan serta pengawasan juga bisa lebih efektif.

“Ini kasus pertama di Gandekan, tapi karena relawan Sibat dan Gugus Tugas sudah disiapkan, jadi kami sigap. Sengaja tidak diisolasi di rumah karena pemukiman padat,” kata Jumadi via sambungan telepon.

Sejumlah warga tersebut telah diisolasi sejak Sabtu lalu. Mereka, kata Jumadi, dijadwalkan uji usap (swab) pada Senin. Selama menjalani serangkaian tes nanti, mereka akan ditampung sementara di fasilitas isolasi mandiri tersebut.

Pengawasan serta pendampingan dari Sibat di antaranya berupa penyediaan logistik bagi warga isolasi mandiri. Karenanya, lanjut Jumadi, relawan Sibat  akan mengajak warga setempat untuk terlibat membantu warga yang tengah menjalani Isolasi mandiri tersebut.

“Sibat yang terlibat aktif berkoordinasi, menyiapkan tempat, dan nanti mengontrol perkembangan serta mendorong gotong-royong,” terang Jumadi.

Sebagai motor penggerak keterlibatan masyarakat, Sibat aktif terlibat di upaya pencegahan dan penanganan. Kelompok relawan yang dibentuk sebelum pandemi ini rutin menggelar promosi kesehatan serta penyemprotan disinfektan sepekan sekali di lingkungan. Mereka, aku Jumadi, telah dibekali alat penyemprotan dan sejumlah media promosi kesehatan.

“Upaya ini  terus digalakkan oleh relawan Sibat maupun relawan PMI. Kami  bagikan alat penyemprot beserta cairan disinfektannya,” tukasnya

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

SASAR SEKOLAH, PMR SMA NEGERI AMBULU HIMPUN 50 KANTONG DARAH

Jember - Palang Merah Remaja (PMR) SMA Negeri Ambulu aktif gelar donor darah sekaligus...

DONOR DARAH SEKALIGUS HIJAUKAN KEMBALI LAHAN KRITIS

JEMBER – PMI Kabupaten Jember bersama Majelis Daerah KAHMI Jember, Forhati Jember berkolaborasi mengadakan...

PMI DAMPINGI MASYARAKAT WATU LAWANG, BAK PENAMPUNGAN AIR PERTAMA RAMPUNG DIBANGUN

CILEGON,- Dalam menjalankan tugasnya membantu Pemerintah dibidang kemanusiaan, Palang Merah Indonesia (PMI) telah melakukan...