PONPES AL-QODIRI GANDENG PMI JEMBER CEGAH DBD SEHARI SEBELUM KEDATANGAN SANTRI

Gufron PMI Kabupaten Jember

Gufron PMI Kabupaten Jember

Jember, Sebagai antisipasi penyebaran penyakit demam berdarah yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti, ratusan ruang asrama santri di Pondok Pesantren Al Qodiri, Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, Jember, Rabu (11/05/22) di fogging oleh relawan Palang Merah Indonesia.

Fogging ini sengaja dilakukan oleh pengurus pondok pesantreng tepat sehari jelang kedatangan santri pasca libur panjang Bulan Suci Ramadhan dan Perayaan Idul Fitri. Selain asrama tempat santri bermukim, tempat menimba ilmu pendidikan dan agama serta perkantoran menjadi sasaran dalam fogging tersebut.

“Besok santri akan kembali ke pondok pesantren setelah libur ramadhan dan idul fitri, agar tidak terkena demam berdarah, jadi kami selaku pengurus pondok pesantren berusaha melakukan pencegahan yakni fogging yang dilakukan oleh relawan PMI Jember,” kata Achmad Baihaqi, Biro Kepesantrenan Ponpes Al Qodiri.

Dalam pelaksanaan fogging, kamar mandi yang ada di setiap asrama baik putra maupun putri juga menjadi perhatian oleh relawan. Tempat tersebut menjadi kunci utama karena lembab serta masih ditemukan genangan air yang mempercepat perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti.

Menggunakan dua mesin fogging, relawan PMI satu persatu melakukan pengasapan di seluruh lingkungan pondok pesantren yang memliki 4000 santri mulai pukul 08.30 hingga 13.00 WIB. Pencegahan tersebut juga dilakukan oleh pondok pesantren lain yang ada di jember.

“ada permintaan pencegahan penyebaran penyakit demam berdarah dari pengurus pondok pesantren, dan hari ini sebanyak 9 personil dari PMI Jember datang ke sini untuk melakukan fogging, apalagi besok santri sudah mulai kembali ke Pondok Pesantren,” ujar Rupianto, SP Kepala Markas PMI Jember.

Dari data kementrian agama, kabupaten jember memiliki 611 pondok pesantren, banyaknya pondok membuat jumlah santri yang bermukim cukup banyak yakni 12.381 santri. Karenanya, PMI Jember juga memberi perhatian pada pondok pesantren yang mengajukan permohonan layanan fogging demi kesehatan dan keselamatan santri dari serangan penyakit.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

TINGKATKAN KAPASITAS KEMARKASAN, WUJUDKAN PMI YANG PROFESIONAL DI BANTEN

SERANG.- PMI Provinsi Banten dan Kabupaten-Kota se-Banten bakal mampu menerapkan manajemen markas maupun Unit...

PONPES AL-QODIRI GANDENG PMI JEMBER CEGAH DBD SEHARI SEBELUM KEDATANGAN SANTRI

Jember, Sebagai antisipasi penyebaran penyakit demam berdarah yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti, ratusan...

HALAL BIHALAL KARYAWAN ALFAMART DIISI DENGAN KEGIATAN DONOR DARAH

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Halal bihalal adalah salah satu tradisi yang berkembang di...