RELAWAN PMI DIY MENGGELAR SOSIALISASI KESIAPSIAGAAN BENCANA

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Untuk menghadapi kejadian bencana yang tidak diharapkan masyarakat perlu dibekali pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana, demikian diungkapkan Budi Santosa, Kepala Dukuh Banaran VI, Banaran, Playen Gunungkidul. Lebih lanjut dikatakan Budi, pihaknya berharap kerjasama yang dilakukan berkelanjutan, relawan PMI berbagi ilmu dan pengalaman untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Bakti sosial berupa sosialisasi kesiapsiagaan bencana serta memberikan bantuan berupa alat pertanian, dan kebutuhan pokok tersebut digelar oleh Relawan Korps Sukarela (KSR) unit UIN Sunan Kalijaga dalam rangkaian kegiatan Volunteer Camp yang diikuti oleh KSR PMI se-DIY pada 7 – 8 Maret 2015 di Hutan Wanagama Gunungkidul.


Ketua Panitia Anggar Nila Sari menjelaskan kegiatan volunteer camp adalah kegiatan musyawarah besar yang diikuti oleh KSR se-DIY untuk membahas aturan dan permasalahan yang ada di KSR yang selanjutnya juga akan memilih koordinator KSR PMI DIY. Sedang kegiatan lainnya adalah berkarya dan berbakti berupa bakti sosial di masyarakat sekitar hutan Wanagama.

Kegiatan yang bertema Satu Langkah Menuju Totalitas Tanpa Batas ini, menurut Ahmad Anwar, ketua Unit VII KSR PMI UIN Sunan Kalijaga diharapkan bisa membentuk sebuah forum KSR di DIY sebagai sarana komunikasi dan wadah kreativitas, menumbuhkan semangat kebersamaan antara KSR se-DIY dalam mengemban tugas kepalangmerahan, meningkatkan kapasitas anggota sebagai petugas lapangan serta mewujudkan pelaksanaan semangat moral tujuan prinsip-prinsip dasar gerakan internasional Palang merah dan Bulan Sabit Merah dalam menciptakan relawan yang tanggap, cepat dan tepat.

Sedangkan Koordinator Forum KSR PMI DIY terpilih adalah Noor Sidik, anggota KSR PMI Unit IX Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk periode masa bakti 2015-2016 mengungkapkan kesediaannya mengemban tugas sebagai koordinator Forum KSR PMI se-DIY.

Sementara itu Pengurus Bidang Pengembangan Organisasi dan Sumberdaya Manusia PMI DIY, Drs. Sri Hadi, Dipl.,SW yang berkesempatan membuka kegiatan tersebut mengharapkan agar relawan PMI menghasilkan karya-karya yang terbaik dan berkelanjutan dalam pengabdiannya kepada PMI dan masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Warjiyani, Humas PMI DIY, Hp : 081328035189, Email: warjiyani@gmail.com

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp