TI SAR TEMUKAN BLACKBOX AIR ASIA

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Tim SAR berhasil menemukan bagian dari Black Box yaitu Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR) Pesawat Air Asia QZ 8501, Senin (12/01), pukul 07.11 WIB. Saat ini Tim SAR telah mengangkat FDR ke darat sedangkan CVR masih berada di perairan Selat Karimata. Selanjutnya FDR tersebut akan diserahkan ke KNKT untuk diteliti.

Pencarian pada hari ini dibagi 4 sektor dalam dua bagian yaitu bagian barat (sektor I dan IV) serta bagian timur (sektor II dan III). Kondisi gelombang laut pada hari ini, berkisar antara 1.5-2.0 meter. Khusus wilayah selatan dari sektor pencarian tengah dan timur akan mencapai 2.5 meter. Cuaca dan kondisi gelombang laut yang kondusif membuat pencarian dapat dilakukan maksimal.


Berdasarkan informasi, sebanyak 48 Jenazah telah berhasil ditemukan dan dievakuasi oleh TIM SAR Gabungan dan para Sukarelawan dari RSUD Sultan Imanuddin menuju Pangkalan Bun. Sedangkan jumlah korban yang berhasil diidentifikasi oleh TIM DVI sebanyak 32 Jenazah, dan telah diterima dan dimakamkan oleh keluarganya masing-masing.

Sukarelawan PMI yang berasal dari tiga wilayah yakni PMI Kabupaten Kotawaringin Barat, PMI Jawa Timur dan PMI DKI Jakarta masih melakukan operasi tanggap darurat bencana. PMI Kabupaten Kota Waringin dalam operasi ini telah memobilisasi 60 personel sukarelawan yang disebar di berbagai titik, diantaranya 10 personel berada di posko Lanud Iskandar, 10 personel berada di posko Pelabuhan Laut Panglima Utar dan Kumai, Serta 40 personel lainnya dimobilisasi di RSUD Sultan Immanudin.

PMI DKI Jakarta yang juga turut melakukan operasi di Pangkalan Bun ini juga memobilisasi sukarelawan sebanyak 19 personel. Tugas yang dilakukan oleh PMI Kota Waringin bersama PMI DKI Jakarta ialah membantu tim SAR Gabungan untuk mengevakuasi jenazah dari RSUD Sultan Immanudin menuju Lanud Iskandar.

Sementara itu, PMI Jawa Timur juga memobilisasi relawannya di Bandara Juanda, Jawa Timur. Tiga puluh lima personel sukarelawan beserta 9 tim ambulan bersiaga memberikan pelayanan kesehatan.

Untuk info lebih lanjut, dapat menghubungi :JokoSusilo, Staf PB Kalteng, Hp: 085249596734, atau H. Supardan(Koordinator LapanganPMI Kab Kobar), Hp: 0812 5074 378, atau Agus Barkah     , Tim Relawan DKI, Hp085691194795