PMR SMAN1 Pagar Dewa Gelar Pelatihan Dasar Pertolongan Pertama

Yunas Tanto

Yunas Tanto

Kab. Tulang Bawang Barat, Lampung — Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 Pagar Dewa, menggelar pelatihan dasar pertolongan pertama tingkat wira bertempat di lapangan sekolah setempat, Sabtu (11/6).

Kegiatan yang digelar selama tiga hari dan diikuti sebanyak delapan SMA dan SMK se Tubaba ini, di buka oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Mirhanudin.

Dalam sambutannya dia berharap, para peserta dapat mengikuti materi dengan baik sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-sehari.

“Materi ini sangat penting karena pertolongan pertama adalah perawatan pertama yang diberikan kepada orang yang mendapat kecelakaan atau sakit yang tiba-tiba datang, sebelum mendapatkan pertolongan dari tenaga medis,” kata dia.

Apabila ada kecelakaan di jalan atau di rumah, teman-teman PMR yang sudah menguasai materi PP, dapat memberikan pertolongan pertama sambil menunggu ambulan datang, lanjutnya lagi.

Sedangkan Yandrizal selaku pembina PMR setempat mengatakan, tujuan utama pertolongan pertama adalah untuk mempertahankan penderita tetap hidup atau terhindar dari maut.

“Membuat keadaan penderita tetap stabil, mengurangi rasa nyeri, ketidak-nyamanan dan rasa cemas, serta menghindarkan kecacatan yang lebih parah,” terangnya.

Sementara itu ketua pelaksana Divanny Valenna Putri mengatakan, kegiatan pelatihan dasar PP ini diikuti sebanyak 60 orang anggota PMR tingkat wira dari 8 SMA dan SMK di Tubaba.

“Beberapa sekolah tidak bisa mengikuti pelatihan, karna terbentur dengan kegiatan lain seperti studi tour dan classmetting di sekolahnya,” kilahnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk mensukseskan kegiatan tersebut, PMR sekolah melibatkan anggota Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) dan Tenaga Suka Rela (TSR) PMI Tubaba.

“Terkait materi yang diberikan diantaranya pembidaian, pengenalan anatomi tubuh, fungsi kerangka otot dan materi dasar lainnya,” pungkasnya.

 

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PMI CILEGON IKUTI SIMULASI KEDARURATAN KESEHATAN MASYARAKAT 2022

CILEGON,- Kota Cilegon merupakan daerah dengan potensi bencana tertinggi di Indonesia, selain bencana alam...

𝐏𝐌𝐈 𝐒𝐚𝐥𝐮𝐫𝐤𝐚𝐧 𝐁𝐚𝐧𝐭𝐮𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐏𝐞𝐧𝐲𝐢𝐧𝐭𝐚𝐬 𝐆𝐞𝐦𝐩𝐚 𝐂𝐢𝐚𝐧𝐣𝐮𝐫 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢 𝐫𝐚𝐰𝐚𝐭 𝐝𝐢 𝐑𝐒𝐔𝐃. 𝐑 𝐒𝐲𝐚𝐦𝐬𝐮𝐝𝐢𝐧 𝐒𝐇

KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menyalurkan bantuan kepada...

RESPON GEMPA CIANJUR ; KSR PMI ITS MANDALA JEMBER GALANG DANA UNTUK KORBAN CIANJUR

JEMBER -  Sejumlah aktivis kemanusiaan yang terhimpun dalam Korps Sukarela (KSR) Institute Teknologi dan...