OPERASI KATARAK GRATIS, BANTU PULIHKAN PENGLIHATAN WARGA

Farhan Irfan

Farhan Irfan

CILACAP, Jawa Tengahโ€”Dikatakan bahwa mata adalah jendela hati. Senang, sedih, atau kepura-puraan seseorang tampak dari mata. Namun bagaimana bila gangguan penglihatan berupa katarak menjangkit mata? Sedih barangkali.

Tak hendak melihat kesedihan itu berlanjut, Palang Merah Indonesia (PMI) Cilacap menginisiasi operasi katarak secara gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilacap, Sabtu, 5 November 2022. Sedikitnya 117 penderita katarak menerima layanan yang disokong bantuan masyarakat Cilacap melalui Bulan Dana tersebut.

Ketua PMI Cilacap, Farid Maruf mengatakan, layanan tersebut merupakan bakti sosial PMI yang sedang merayakan 77 tahun hari lahirnya. PMI Cilacap mendata calon penerima manfaat, khususnya mendata mereka yang tidak memiliki jaminan sosial.

“Penglihatan yang sehat merupakan karunia, kami ingin membantu mereka yang tidak mampu untuk dapat menikmati karunia mata ini,” kata Farid.

Pada hari pertama layanan ini digelar, sebanyak 50 penderita katarak telah menjalani operasi. Sisanya akan menjalani operasi di hari berikutnya sesuai jadwal. RSUD Cilacap dan PMI juga melakukan pemantauan pascaoperasi kepada mereka di Klinik Pratama PMI Cilacap, Jalan Raya Slarang KM. 12, Kesugihan Cilacap.

Salah seorang penerima manfaat asal Sindangkasih, Patimuan, Cilacap bernama Turiyah mengaku senang dapat melihat secara normal kembali. Ia berterima kasih kepada PMI Cilacap yang menggelar bakti sosial tersebut. Ia juga berharap kegiatan serupa ini dapat digelar rutin oleh PMI untuk membantu masyarakat tidak mampu.

“Alhamdulillah PMI bantu saya bisa normal melihat lagi. Semoga semua relawan PMI diberi kesehatan, kemakmuran, dan kebesaran hati dalam bertugas,” katanya.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest