Dramatis, Relawan PMI Kota Sukabumi Evakuasi 3 Balita yang Terjebak Banjir

Dinar Muhammad J

Dinar Muhammad J

KOTA SUKABUMI, JABAR- Aksi heroik dilakukan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Jawa Barat (Jabar). Mereka menyelamatkan tiga balita dan ibunya yang terjebak banjir di dalam rumah. Insiden ini terjadi pada Selasa malam (9/11/2021) di Kampung Balandongan, Kelurahan Sudajaya Hilir, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi

Proses evakuasi berlangsung dramatis di tengah cuaca yang kurang bersahabat, ditambah genangan air yang cukup tinggi diatas lutut orang dewasa.
Ketiga anak ini berhasil di evakuasi setelah bertahan dan terjebak selama 3 jam didalam rumah

“Kami mendapatkan laporan ada tiga balita warga Kelurahan Sudajaya Hilir, Kecamatan Baros, yang terkepung banjir bersama ibunya di dalam rumahnya selama kurang lebih sekitar tiga jam,” kata Staf Pelayanan PMI Kota Sukabumi Dinar Muhamad, Rabu (10/11/2021). Begitu mendapat laporan sekitar pukul 18.00 WIB, kata Dinar, pihaknya langsung menurunkan sejumlah personel untuk menyelamatkan dan mengevakuasi korban.   Petugas PMI berhasil membawa mereka ke tempat yang aman dan kemudian memeriksa kondisi kesehatan mereka.

“Dalam operasi ini PMI menurunkan 10 personel dan menerjunkan perahu karet, kendaraan taktis bak terbuka, serta ambulans untuk membantu evakuasi dan penanganan dampak bencana lainnya,” kata Dinar.

Sementara itu, Nita, ibu yang terjebak banjir bersama ketiga anaknya, mengatakan, rumahnya tergenang setinggi sekitar 50 cm.
Saat banjir datang suami Nita sedang tidak ada di rumah dan dia tidak bisa meninggalkan anak-anaknya di rumah untuk meminta bantuan. “Air mulai masuk ke dalam rumah sekitar pukul 15.00 WIB, saat itu suami sedang mengantar orang tua berobat sehingga saya dan anak memilih bertahan di dalam kamar dan tahu-tahu air sudah meninggi,” katanya.

Nita memutuskan untuk bertahan di dalam kamar bersama ketiga anaknya sambil berusaha menghubungi suami dan kerabatnya untuk meminta bantuan. Setelah tiga jam terjebak banjir, tim dari PMI datang dan mengevakuasi Nita dan tiga anaknya dari rumah yang kebanjiran.

68

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

RELAWAN BANJARNEGARA BANGUN 16 SARANA MCK DI LOKASI PENGUNGSIAN SEMERU

BANJARNEGARA ( JAWA TENGAH ) – Kabupaten Banjarnegara kembali mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan...

DONOR DARAH DI ARUTMIN TAMBANG KINTAP, RIDAYAT SENANG BISA DONOR DARAH LAGI

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Dalam rangkaian bulan K3 Nasional tahun 2022 PT. Arutmin...

GERAK CEPAT DAN GERAK BERSAMA TANGANI BANJIR KALI JOMPO

JEMBER – Tim relawan PMI Kabupaten Jember gerak cepat turun langsung ke lokasi banjir...