Banjir ROB melanda Kecamatan Medan Belawan, PMI Kota Medan dan Pemerintah Antisipasi Dampak Meluas

Muhammad Leo H. Hutabarat

Muhammad Leo H. Hutabarat

Akibat dari naiknya Air laut kedaratan yang merendam 7 Kelurahan di Kecamatan Medan Belawan dimulai pada tanggal 05 Oktober 2021 lalu hingga dini hari tanggal 08 Oktober 2021, Personil PMI dilapangan telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan organisasi masyarakat dalam antisipasi hal hal yang mungkin terjadi pada situasi banjir ini. Pada proses dari situsai banjir ini dimulai Pada saat pasang air laut ke daratan yang waktunya tidak menentu namun info dari warga yang diterima oleh petugas di lapangan saat surut dipastikan setelah naiknya air laut maximal 5 jam ketinggian air sudah surut drastis. Ada 3 Wilayah yang terdampak sangat parah karena ketinggian air bisa sampai perut orang dewasa dan beberapa kelurahan hanya semata kaki orang dewasa sampai sebetis orang dewasa. Hingga Info ini diturunkan beberapa warga masih berjaga dikarenakan menurut dari pengalaman warga, situasi ini bisa berlangsung kurang lebih 3-4 hari dari mulai pasangnya air ditanggal pertama dan akan mengalami hal yang sama antara pasang dan surutnya sampai hari berikutnya. apapun Wilayah yang terdampak ialah,
– Kelurahan Belawan I
– Kelurahan Belawan II
– Kelurahan Sincanang
– Kelurahan Bahari
– Kelurahan Bahagia
– Kelurahan Bagan Deli
– Kelurahan Labuhan Deli

Sementara Dampak Bencana Alam tersebut meliputi,

– Jiwa : 15.760 KK
° Luka Ringan : NIHIL
° Luka Berat : NIHIL
° Korban Jiwa : NIHIL
° Pengungsi : NIHIL

– Rumah : Lebih Kurang 15.190 Unit

Dikarenakan tidak adanya dampak yang serius pada situasi Bencana tersebut PMI Kota Medan mengajak Pemerintah setempat dan Para Organisasi Masyarakat Kecamatan Medan Belawan untuk berupaya memecahkan masalah masalah yang dapat menimbulkan Dampak yang serius bila dibiarkan, diantaranya PMI Kota Medan mengusulkan untuk dibangunnya Sistem Peringatan Dini atau EWS (Early Warning System) yang dimana Program ini bisa menjadi salah solusi dalam upaya Penguruangan Risiko yang ada.

Kedepan PMI Kota Medan akan berupaya mengajak Perusahaan Perusahaan yang mau memberikan dana CSR nya dalam pembangunan Projek Sistem Peringatan Dini ini, sehingga masyarakat Belawan dapat mengantisipasi hal hal yang dapat membuat dampak Bencana yang ditimbulkan semakin Kecil.

 

INFOKOM PMI Kota Medan

 

51

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PERINGATI HARI AIDS SEDUNIA, PMI KABUPATEN DEMAK BAGI PAKET SEMBAKO

KABUPATEN DEMAK, JATENG,- Sebagai bentuk dukungan dan upaya untuk mencapai Indonesia ending AIDS 2030,...

Memperingati World Aids Day, Korps Sukarela PMI UIN SU Medan Gelar Donor Darah

01 Desember 2021 kemarin adalah hari peringatan AIDS Sedunia, yang dimana banyak LSM, Komunitas...

ADA BINGKISAN KHUSUS UNTUK PENDONOR DARAH

KALIMANTAN SELATAN, TANAH LAUT,- Dalam rangka hari jadi Kabupaten Tanah Laut Dinas Koperasi Perdagangan...