logo2021

PMI LATIH PERTAMA

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Guna meningkatkan kapasitas desa dalam menghadapi bencana banjir, PMI Kabupaten Pekalongan mengadakan Pelatihan Pengurangan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat (PERTAMA) yang diikuti 20 orang relawan Desa Purwodadi pada 6-8 Juni lalu di Balai desa setempat.

Desa Purwodadi dan Purworejo merupakan daerah langganan banjir di Kabupaten Pekalongan. Daerah ini diapit oleh sungai Winong dan sungai Sragi, banjir paling parah dialami warga tahun ini telah melanda hampir 70 % wilayah desa. “Inilah yang menjadi latar belakang PMI Kabupaten Pekalongan mengadakan Pelatihan PERTAMA untuk Sibat,” ujar Addy Prabowo, Wakil Ketua III Bidang Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Pekalongan.

Para peserta cukup antusias mengikuti pelatihan. Satu hal yang dapat teridentifikasi pada materi VCA dan PRA bahwa banjir yang melanda diperburuk dengan menipisnya tanggul akibat aktivitas warga yang mengeruk tanah di bantaran sungai untuk pembuatan bata merah.

“Jika tidak segera diambil tindakan perbaikan, tanggul sungai mudah jebol dan banjir akan menggenangi desa lebih lama, mengingat proyek betonisasi jalan lintas kecamatan telah meninggikan jalan yang melingkari desa kami dan tidak ada saluran pembuangan,” ungkap A. Masduki, Komandan Sibat.

Melalui Tim Sibat yang terbentuk ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif untuk masyarakat. Dalam pelatihan ini juga diadakan simulasi tanggap darurat bencana untuk memberikan gambaran nyata bagi Tim Sibat ketika bencana datang melanda. Tim sudah terbagi dengan struktur yang jelas sesuai dengan kompetensi yang dimiliki sehingga dapat memberikan respon yang cepat, tanggap dan tangguh sebagai relawan Desa.

 

Informasi lebih lanjut: M. Nashir Jamaludin, Kepala Divisi Humas PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp. 081228011455 – 081575629075. email  : nashrjateng@gmail.com

 

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3
X