RELAWAN PMI KOTA JAKARTA TIMUR EVAKUASI WARGA YANG TERJEBAK BANJIR

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak kemarin malam (9/2), menyebabkan air sungai Ciliwung dan Kali Sunter dan serta selokan meluap dan membanjiri mulai dari 40cm hingga mencapai3 meter yang tersebar di beberapa wilayah diantaranya Kelurahan Kp. Melayu, Kel. Cipinang Muara,Kel. Cipinag Melayu,  Kel.Duren Sawit , Kel.  Cakung Timur dan  Kel. Cakung Barat, serta menyebabkan warga mengungsi di beberapa titik pengungsian.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Hingga saat ini (10/2) PMI Kota Jakarta Timur telah siaga dengan  menyiapkan Tim Evakuasi yang terdiri dari 30 orang Relawan PMI Kota Jakarta Timur, dan 10 orang staff serta menyiapkan 1 unit perahu karet bermotor, 4 unit rakit serta 3 unit ambulan standby 24 jam di Markas PMI Kota Jakarta Timur.


Kemarin malam (9/2), Relawan PMI Kota Jakarta Timur fokus untuk membantu evakuasi warga di wilayah RT 10 RW 5 Kel. Rawaterate Kecamatan Cakung. Sekitar 12 orang relawan PMI Kota Jakarta Timur satu unit perahu karet bermotor, satu unit rakit dan satu unit ambulan serta 1 unit truk engkel meluncur memberikan bantuan evakuasi warga yang terjebak. Lebih dari 50 orang berhasil di evakuasi dari rumah warga menuju posko pengungsian namun beberapa warga ada yang tetap bertahan di rumahnya masing-masing.

Selain evakuasi, beberapa Kelurahan sudah mengirimkan laporan permintaan bantuan kepada PMI Kota Jakarta Timur . Pada Senin (9/2), PMI Kota Jakarta Timur telah mendistribusikan  @10 Dus Mie Instan dan tikar sebanyak 20 buah ke Kel. Cakung Timur, Kel. Klender dan Kel. Pulogebang.

Sementara untuk pagi ini (10/2), PMI Kota Jakarta Timur siap mendistribusikan 6.000 bungkus Roti manis ke beberapa titik pengungsian warga diantaranya yaitu Kel. Kp. Melayu : 1.000 bungkus (bks), Kel. Bidara Cina : 500 bks, Kel. Cawang : 500 bks, Kel. Cicilitan : 500 bks, Kel. Pd. Bambu : 300 bks, Kel. Cipinang Melayu : 750 bks, Kel. Cakung Timur : 350 bks, Kel. Cakung Barat : 300 bks, Kel. Rawa Terate : 300 bks Kel. Kayu Putih : 300 bks, Kel. Rawamangun : 300 bks, Kel. Pinang Ranti : 300 bks, Kel. Cipinang Muara : 300 bks, dan Kel. Klender : 300 pcs.

Ketua PMI Kota Jakarta Timur, H. Kusnoto, menjelaskan bahwa PMI Kota Jakarta Timur akan selalu tanggap dan peduli dalam memberikan pelayanan kepada korban banjir.

“Kami telah mengerahkan segala upaya baik secara materil maupun personil untuk mengakomodir kebutuhan pengungsi. Kami bagi dua tim relawan yaitu Tim Evakuasi dan Tim Dapur Umum serta Logistik. Untuk beberapa kelurahan kami berikan bahan Natura agar mereka bisa masak di poskonya masing-masing” ujar H. Kusnoto.

PMI Kota Jakarta Timur menerima dan menyalurkan bantuan dari masyarakat luas berupa dana, Natura (Bahan Makanan) seperti Beras, Mie instan, Kecap, Minyak Goreng, Selimut, Perlengkapan kebersihan dan air mineral, tidak berupa pakaian layak pakai. Bagi masyarakat yang ingin membantu bisa menghubungi beberapa kontak dibawah ini atau  datang langsung ke Markas PMI Kota Jakarta Timur di Jln. I. Gusti Ngurah Rai No. 77.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Suhanda Kasi Yansos  PMI Kota Jakarta Timur, Tlp. 021-8611832/ 081513404057  Saudara Reza / Kasi Humas PMI Kota Jakarta Timur, Hp. 0815 160 6404 dan Dewi Rahmadania / Hp. 087887062893 email pmi.jaktim@gmail.com