PMI LAKUKAN EVAKUASI DAN BUKA DAPUR UMUM UNTUK KORBAN BANJIR

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Merespon bencana banjir di wilayah Jabodetabek, Palang Merah Indonesia (PMI) di wilayah Jakarta dan sekitarnya melakukan operasi penanggulangan bencana dengan mengevakuasi warga yang terkena dampak banjir dan menyalurkan bantuan makanan.

Untuk pelayanan dapur umum, PMI membuka di masing-masing markas PMI di PMI Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur. Di wilayah Jakarta Pusat, relawan PMI menyalurkan 500 nasi kotak untuk warga di Kelurahan Petamburan dan Karet. Di Jakarta Barat PMI melakukan distribusi makanan siap saji kepada warga yang terdampak banjir di wilayah Rawa Buaya, Kedaung Kali Angke, Kedoya Utara dan Kedoya Selatan, yang masing masin titik didistribusikan sebanyak 300 Porsi.


Di Jakarta Pusat, dapur umum PMI dibuka di Karet Tengsin dan markas PMI. Sementara dapur umum PMI Jakarta Timur menyediakan 3.000 bungkus makan malam, 7.400 roti, dan 3.000 bungkus kacang hijau untuk masyarakat setiap harinya. Di Jakarta Utara, dapur umum PMI dibuka di markas PMI dengan menyediakan per hari 2.060 bungkus makanan untuk warga korban banjir.

PMI juga mengerahkan relawannya untuk membantu evakuasi warga. Di Kelurahan Petamburan Jakarta Pusat, PMI mengerahkan 6 relawan dan 1 unit ambulans serta perahu karet untuk mengevakuasi masyarkat Lansia. Di Jakarta Timur, PMI mengevakuasi warga di Rawa Teratai Kecamatan Cakung  dengan mengerahkan 1 unit perahu karet, stand by 2 unit rakit dan 1 ambulans. Di wilayah Jakarta Utara, evakuasi PMI difokuskan di Kelapa Gading dan Penjaringan dengan menggunakan perahu karet dan mobil unimog.

Di Jakarta Barat, PMI juga melakukan evakuasi warga di Wilayah Greenvile, Kedoya, dengan mengerahkan 2 Perahu Karet dan menyigakan sekitar 60 Relawan untuk membantu warga yang terdampak banjir. Di wilayah Jakarta Selatan, PMI membantu evakuasi dan pertolongan korban longsor di Jalan Damai 1 RT 9 dan RT 4 RW 10 Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa.

Sementara itu di Bekasi, PMI membantu evakuasi warga  di wilayah Kavling PGRI Bekasi Utara, Perumahan IKIP, dan Perumahan Pondok Hijau Permai, Kota Bekasi. Di Kabupaten Bekasi, evkuasi dikonsentrasikan di wilayah Muara Gembong, Cibitung, dan Tambun Selatan.

Untuk informasi lebih lanjut: Bp. Dodi, Kepala Humas PMI DKI Jakarta, 0817 996 7791.