PMI TERIMA MOBIL UNIT DONOR DARAH DARI INDOMARET

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

JAKARTA – Untuk mendukung sistem donor darah dengan sistem “jemput bola” Palang Merah Indonesia (PMI) menerima donasi 2 Unit mobil Unit Donor Darah (UDD) dari PT Indomarco Prismatama, selaku pemegang lisensi waralaba minimarket  Indomaret.

Bantuan mobil diserahkan Marketing Director PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf kepada ketua Bidang Unit Donor Darah dan Rumah Sakit dan Pelayanan Kesehatan PMI Pusat, dr. Farid Husain di Markas Pusat PMI, Kamis (09/10).

Menurut, Farid Husain jumlah ideal kebutuhan darah di satu Negara menurut World Health Organization (WHO)  adalah sekitar 2% dari totsl penduduk. Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 250 juta, membutuhkan sekitar 4,8 sampai 5 juta kantong darah pertahun.

“PMI terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan darah secara nasional, baik dengan menyediakan 212 UDD yang tersebar di seluruh Indonesia, PMI juga menyediakan UDD di Mall atau kampus serta Mobil UDD yang dimobilisasi sesuai permintaan atau kita mobilisasi untuk ikut dalam event di masing-masing provinsi untuk menjaring dan  memudahkan masyarakat mendonorkan darah.” Jelas Farid.

Lebih lanjut Farid juga mengucapkan terima kasih atas bantuan mobil UDD yang diberikan oleh Indomaret. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Indomaret atas dukungannya selama ini. Dengan bertambahnya mobil UDD, dapat menambah mobilitas PMI untuk menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat yang pada akhirnya akan meningkatkan jumlah kantong darah sekaligus donasi darah di Indonesia.”

Bantuan tersebut menurut Wiwiek Yusuf dimaksudkan untuk mendukung PMI dalam memenuhi kebutuhan darah dan tugas kemanusiaan lainnya. Sebelumnya Indomaret telah memberikan bantuan 2 (dua)unit mobil UDD untuk wilayah Karawang dan Cilacap.

Donasi ini merupakan hasil dari penggalangan dana pelanggan Indomaret yang kedua untuk program kemanusiaan PMI pada Maret-September 2013, terkumpul sekitar Rp 7 Miliar. Seluruh dana telah diserahkan ke PMI pada November 2013. Penggalangan dana pertama tahun 2012 mencapai 5,9 Miliar.

Pengumpulan Donasi Pelanggan ini dilakukan dengan tiga cara yaitu pelanggan menyumbang dari uang kembalian, menambahkan jumlah uang kembalian dan menyumbang tanpa harus berbelanja. Nilai sumbangan tercetak di struk belanja.

Dalam kesempatan ini, Pihak PMI dan Indomaret melakukan peninjauan langsung mobil UDD yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menyumbang darah. Mobil ini akan menjadi sarana penyelenggaraan donor darah secara jemput bola, yang bergerak dari satu lokasi ke lokasi lain secara berkala sesuai kebutuhan masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:  Divisi Pengembangan Sumber Daya (PSD) Markas Pusat PMI, Telp. 021-7992325 Ext. 310 atau 311

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PMI CILEGON IKUTI SIMULASI KEDARURATAN KESEHATAN MASYARAKAT 2022

CILEGON,- Kota Cilegon merupakan daerah dengan potensi bencana tertinggi di Indonesia, selain bencana alam...

𝐏𝐌𝐈 𝐒𝐚𝐥𝐮𝐫𝐤𝐚𝐧 𝐁𝐚𝐧𝐭𝐮𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐏𝐞𝐧𝐲𝐢𝐧𝐭𝐚𝐬 𝐆𝐞𝐦𝐩𝐚 𝐂𝐢𝐚𝐧𝐣𝐮𝐫 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢 𝐫𝐚𝐰𝐚𝐭 𝐝𝐢 𝐑𝐒𝐔𝐃. 𝐑 𝐒𝐲𝐚𝐦𝐬𝐮𝐝𝐢𝐧 𝐒𝐇

KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menyalurkan bantuan kepada...

RESPON GEMPA CIANJUR ; KSR PMI ITS MANDALA JEMBER GALANG DANA UNTUK KORBAN CIANJUR

JEMBER -  Sejumlah aktivis kemanusiaan yang terhimpun dalam Korps Sukarela (KSR) Institute Teknologi dan...