Penyerahan bantuan perlengkapan cuci tangan, alat sprayer dan cairan disinfektan

PMI SRAGEN BEKALI PENGETAHUAN SURVAILANS KEPADA SIBAT DESA PENGKOL & DESA BROJOL

Humas PMI Kab. Sragen

Humas PMI Kab. Sragen

KAB. SRAGEN, JATENG.- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengaah menggelar kegiatan orientasi bagi Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Desa Pengkol Kecamatan Tanon dan Desa Brojol Kecamatan Miri dengan materi Kejadian Luar Biasa (KLB) dan Surveilans Berbasis Masyarakat (SBM).

Kegiatan yang dilaksanakan di masing-masing balai desa setempat berlangsung pada tanggal 31 Agustus – 1 September 2021 dan tanggal 7 – 8 September 2021. Kegiatan tersebut didukung sepenuhnya oleh KOICA (Korea International Coorporation Agency) yang disalurkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat.

Ketua PMI Kabupaten Sragen, dr. Ismail Joko Sutresno, Sp.OG mengharapkan setelah mengikuti pelatihan, peserta dapat membantu satgas penanganan Covid-19 dalam hal edukasi kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan, membantu dalam hal 3T (tracing, testing dan treatment) untuk memutus mata rantai penularannya.

Selain itu,  anggota relawan SIBAT agar turut menyukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan memberikan edukasi yang positip kepada masyarakat. “Masyarakat jangan sampai lengah dengan penurunan kasus Covid-19, apalagi saat ini sudah muncul varian-varian baru. Tugas Relawan SIBAT agar terus mengedukasi dan mengingatkan masyarakat di desa masing-masing agar selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan,” katanya.
Ismail juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, diantaranya Forum Komunikasi Pimpinan Kecmatan (Forkompincam) Tanon dan Miri serta aparatur pemerintah desa yang telah mendukung pelaksanaan Program KOICA, sehingga berjalan dengan lancar dan sukses.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan bantuan untuk masing-masing desa, 2 buah tempat cuci tangan beserta tandon airnya, 2 buah alat sprayer dan cairan disinfektan yang nantinya akan ditempatkan di pasar desa dan objek wisata.
Kepala Desa Pengkol Haryono menyampaikan, peran SIBAT di desanya selama ini sangat penting. Para relawan PMI tersebut selalu berada di garda terdepan dalam penanganan Covid-19 bersama gugus tugas covid desa. “Peran mereka sangat optimal membantu pemerintah dalam rangka percepatan penanganan kasus Covid-19,” ujarnya.

Ditambahkan, Relawan SIBAT selalu hadir ketika ada pemakaman dengan protokol kesehatan, penanganan warga yang sedang isolasi mandiri dan kegiatan desa yang berhubungan dengan kesehatan dan Covid-19.***

105

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

RELAWAN BANJARNEGARA BANGUN 16 SARANA MCK DI LOKASI PENGUNGSIAN SEMERU

BANJARNEGARA ( JAWA TENGAH ) – Kabupaten Banjarnegara kembali mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan...

DONOR DARAH DI ARUTMIN TAMBANG KINTAP, RIDAYAT SENANG BISA DONOR DARAH LAGI

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Dalam rangkaian bulan K3 Nasional tahun 2022 PT. Arutmin...

GERAK CEPAT DAN GERAK BERSAMA TANGANI BANJIR KALI JOMPO

JEMBER – Tim relawan PMI Kabupaten Jember gerak cepat turun langsung ke lokasi banjir...