Melihat Semangat Oma dan Opah Dalam mengikuti Edukasi PHBS Cegah Covid-19

Dinar Muhammad J

Dinar Muhammad J

KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Jawa Barat melakukan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada warga lanjut usia (lansia) dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Dalam kegiatan ini mengerahkan sejumlah Relawan PMI di masyarakat melalui optimalisasi peran Relawan Siaga Bencana Berbasis masyarakat (SIBAT) seperti yang dilakukan oleh Relawan SIBAT PMI di Kelurahan Benteng kecamatan warudoyong

Adapun lokasi yang menjadi sasaran sosialisasi ini yakni Panti Werdha Panti Kasih GKI Sukabumi yang merupakan asrama khusus bagi kaum lansia. Sebelum melakukan praktek PHBS, lokasi yang dijadikan tempat sosialisasi ini disemprotkan cairan disinfektan.

“Lansia merupakan kelompok warga yang sangat rentan terhadap penularan COVID-19, untuk itu kami (PMI) memberikan perhatian khusus seperti memberikan edukasi tentang COVID-19 dan bagaimana pencegahannya salah satunya dengan menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari,”ujar lurah benteng, Tri Hastuti, rabu (8/9)

Tri menambahkan, dalam pelaksanaannya para relawan memberikan edukasi dengan cara yang sederhana agar mudah diserap dan diingat oleh penghuni asrama tersebut, mulai cara pemakaian masker, dilanjutkan praktek mencuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun.

Selain itu, mereka juga diimbau untuk selalu menjaga jarak dan harus menggunakan masker setiap harinya apalagi saat sedang mengobrol atau berkomunikasi.

Sedikitnya ada 20 lansia yang mengikuti sosialisasi itu dan PMI pun mengapresiasi, meskipun di usianya yang sudah senja ternyata mereka tetap semangat dan peduli.

“Kami juga memberikan paket bantuan COVID kit kepada pengurus asrama dan para peserta kegiatan yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan praktek cuci tangan yang benar untuk mencegah penularan virus tersebut,” tambahnya.

Tri berharap, pemberian paket kebersihan ini dapat memberikan manfaat yang besar kepada kaum lansia yang menghabiskan hari tuanya di panti tersebut serta kembali mengingatkan untuk selalu menjaga PHBS.

Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo mengatakan, kegiatan yang dilakukan kelurahan tersebut merupakan rangkaian dari Program penguatan respon Covid-19 melalui dukungan PMI Pusat dan Korea International Cooperation Agency (KOICA)

“Dalam pelaksanannya melibatkan relawan Sibat di tingkat kelurahan. Langkah ini sebagai upaya optimalisasi peran aktif relawan dalam pencegahan pandemi Covid-19 di lingkungannya masing masing,”pungkasnya

 

                             

 

                         

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp