logo2021

BANTU PERCEPATAN VAKSINASI, PMI SIAPKAN PMI DAERAH BANTU PEMERINTAH

Farhan Irfan

Farhan Irfan

Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar vaksinasi massal di sejumlah markas PMI sejak 8 Juli 2021. Penyelenggaraan vaksinasi di sejumlah PMI wilayah diharapkan dapat mempercepat target vaksinasi nasional. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said saat meninjau vaksinasi massal di Gudang Darurat Nasional Covid-19 PMI, Jalan Gatot Subroto, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (9/7/2021).

Menurut Sudirman Said, PMI memiliki jejaring relawan yang mumpuni untuk pelibatan vaksinasi. Ratusan ribu relawan PMI, sambungnya, tersebar di 400 markas PMI di seluruh Indonesia. Dengan dukungan tersebut, Sudirman meyakini percepatan vaksinasi tersebut dapat berjalan efektif.

Pelibatan relawan dalam vaksinasi massal, kata Sudirman, merupakan bentuk kolaborasi antara banyak pihak. Seperti dalam vaksinasi yang tengah digelar di Markas Pusat PMI tersebut, relawan PMI membantu pemeriksaan pra-vaksinasi dan pendaftaran peserta vaksinasi. PMI juga menggandeng korporasi untuk terlibat dalam program tersebut.

“Ini adalah contoh dari kolaborasi yang baik. Tujuannya jelas, membantu pemerintah untuk meperccepat vaksinasi, menyediakan lebih banyak outlet dan penyelenggaraannya dibantu banyak pihak,” jelasnya.

Tidak kurang dari 1.500 orang telah tervaksinasi di Gudang Darurat PMI. PMI menargetkan 10.000 orang tervaksinasi di fasilitas tersebut. Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat dokter Linda Lukitari Waseso menjelaskan, target tersebut diharapkan dicapai dalam 10 hari dengan target 1.000 perhari.

“Kita batasi agar tidak terjadi penumpukan, kami sudah siapkan tempat yang luas yang bisa menampung jumlah itu dari pukul 8 sampai 12 siang,” imbuhnya.

Tahap pertama vaksinasi itu digelar mulai 8 hingga 17 Juli 2021 dan untuk tahap kedua dilakukan pada 4 hingga 6 Agustus 2021. Bila sesuai rencana, sebanyak 10.000 orang tervaksinasi dalam jangka waktu tersebut. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, PMI juga didukung oleh Rotary dan Sinarmas MSIG life.

Pendaftaran program vaksinasi ini tersedia secara daring. Peserta dapat mendaftar melalui tautan https://bit.ly/VaksinPMI-1. Peserta akan diarahkan untuk mengisi data di formulir virtual di tautan tersebut.

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3