GANDENG PMI & DAMKAR, PT. RICHLAND LOGISTICS INDONESIA GELAR SIMULASI PENANGANAN KEBOCORAN TRUK ISOTANK

Fahrullah Al-Bantani

Fahrullah Al-Bantani

CILEGON,- Dengan Menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar), PT. RichLand Logistics Indonesia selenggarakan kegiatan simulasi tanggap darurat bencana kebocoran pada truk isotank, yang berlokasi di Pool Kendaraan PT. RichLand Logistics Indonesia yang berlokasi di Lingkungan Sondol, Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil – Kota Cilegon

Pada simulasi tersebut, kebocoran terjadi pada mobil truck yang mengangkut product butadiene dari arah anyer menuju merak di PT. Trinseo, ditengah perjalanan sopir mencium bau product butadiene di kabinnya dan mencari sumber bau, dan ditemukan kebocoran isotank SECU 211022. dari sanalah proses koordinasi dan penanganan dimulai oleh tim internal dan berkoordinasi kepada Pemadam Kebakaran untuk membantu mendinginkan isotank, tiba-tiba asap keluar dari proses perbaikan dan muncul api, beberapa menit kemudian api berhasil dipadamkan, namun salah satu karyawan mengalami luka bakar saat berusaha membantu memadamkan api, korban dievakuasi ke tempat aman dan PMI Kota Cilegon dihubungi untuk membantu penanganan pertolongan pertama dan rujukan ke Rumah Sakit.

Kegiatan simulasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas karyawan, agar siap dan tidak gagap saat kondisi darurat terjadi.

“Kegiatan simulasi ini tujuannya, agar para karyawan siap dan cakap dalam menghadapi kondisi emergency, pada kegiatan ini sebanyak 19 orang karyawan diikutkan dari mulai Driver, Security dan Tim K3.” terang HSE & HR PT. RichLand Logistics Indonesia, Ade Maryadi, Kamis (8/12/2022)

Lebih lanjut, Ade pada kesempatan itu pihaknya mengapresiasi atas dukungan dari berbagai instansi yang terlibat dalam simulasi tersebut

“Kami ucapkan terimakasih kepada PMI dan Damkar Kota Cilegon, atas peran serta pada kegiatan simulasi ini, harapannya kedepan sinergitas antara PMI, Damkar dan Instansi terkait lainnya dapat terjalin baik dengan PT. RichLand Logistics Indonesia.” terangnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Pelayanan Kesehatan dan Sosial PMI Kota Cilegon, Nurlela Sari pihaknya mengatakan pada kegiatan simulasi tersebut, PMI Kota Cilegon memobilisasi Tim Pertolongan Pertama & Ambulans.

“Kami diminta untuk membantu kegiatan simulasi pada hari ini oleh PT. RichLand Logistics Indonesia, kami menugaskan 1 Tim Pertolongan Pertama sebanyak 4 personil dan 1 unit ambulans untuk membantu pada kegiatan simulasi ini” jelasnya.***

Bagikan:

BERITA LAINNYA