Putus Diterjang Banjir, Relawan PMI Kota Sukabumi Bangun Jembatan Darurat

Dinar Muhammad J

Dinar Muhammad J

KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT- PMI Kota Sukabumi gerak cepat merespons permasalahan yang disebabkan oleh bencana alam banjir dan longsor pada Minggu (7/11) kemarin. Salah satunya adalah dengan membangun jembatan darurat di Kampung Nagrak, Taman Bahagian, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

Kepala Markas PMI Kota Sukabumi Zaini mengungkapkan, akibat banjir dan longsor tersebut mengakibatkan jembatan terputus karena terbawa arus banjir. Untuk itu, PMI Kota Sukabumi mengerahkan Staf Marks dan unsur relawan yang terdiri dari Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT), Korps Sukarelawan (KSR) dan SATGANA untuk membangun jembatan darurat yang menghubungkan kampung RW 01 dan RW 08 di Kelurahan Benteng.

“Pasca banjir bandang yang terjadi kemarin, kami menerjunkan anggota relawan untuk melakukan penanganan salahsatunya seperti yang dilakukan oleh Relawan SIBAT Kelurahan Benteng gotong-royong membangun jembatan darurat untuk menghubungkan akses warga,”ujar Kepala Markas PMI Kota Sukabumi Zaini, Senin (8/11)

Zaini mengungkapkan bahwa jembatan tersebut merupakan satu-satunya sarana penghubung warga sekitar untuk kegiatan dan keperluan sehari-hari. Seperti kegiatan ekonomi, pendidikan yang salah satunya adalah dilalui oleh para santri di Pondok Pesantren Jamiyyatul Mutaallimin Al-Qodariyah.

Selain itu, sambung Zaini, PMI Kota Sukabumi juga telah mendistribusikan bantuan kedaruratan kepada para korban yang terdampak kejadian bencana kemarin baik longsor, rumah roboh maupun bencana kebakaran.

Sementara itu, Lurah Benteng Tri Hastuti menambahkan, usai diterjang banjir bandang, jembatan yang berada di perbatasana di kampung Nagrak Taman Bahagia hilang karena tergerus terbawa banjir bandang sehingga berdampak kepada warga khususnya para santri yang biasa menggunakan jembatan penghubung tersebut.

“Jembatan bambu ini pun sudah kali kedua dibangun setelah jembatan sebelumnya yang baru selesai kembali hancur diterjang derasnya arus sungai,” kata Tri.

Tri mengungkapkan, pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada para Relawan yang ada di PMI Kota Sukabumi, khususnya Relawan SIBAT Kelurahan Benteng, para donatur dan warga masyarakat yang sudah bergotong-royong membantu proses pembuatan jembatan darurat penghung warga tersebut yang dirasa sangat vital untuk kebutuhan warga.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

Bantu Capai Target Imunisasi MR Fase 2, PMI Kerahkan Ribuan Relawan

JOGJAKARTA—Palang Merah Indonesia (PMI) telah menjangkau 459 ribu keluarga dalam program Kampanye Campak Rubela...

PMR KOLABORASI DENGAN PRAMUKA UNTUK KEBENCANAAN BAGIKAN 150 PAKET SEMBAKO DAN 250 BIBIT TANAMAN UNTUK WARGA LERENG GUNUNG HYANG ARGOPURO

Jember, Untuk membantu pemerintah dalam hal tanggap bencana, Palang Merah Remaja (PMR) dan Pramuka...

KARYAWAN BERPRESTASI PT. KRAKATAU POSCO BERIKAN DONASI KE PMI CILEGON

CILEGON,- Sebagai bentuk rasa syukur dan kepeduliannya terhadap sesama, Ari Hadi Mulyadi yang merupakan...