Putus Diterjang Banjir, Relawan PMI Kota Sukabumi Bangun Jembatan Darurat

Dinar Muhammad J

Dinar Muhammad J

KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT- PMI Kota Sukabumi gerak cepat merespons permasalahan yang disebabkan oleh bencana alam banjir dan longsor pada Minggu (7/11) kemarin. Salah satunya adalah dengan membangun jembatan darurat di Kampung Nagrak, Taman Bahagian, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

Kepala Markas PMI Kota Sukabumi Zaini mengungkapkan, akibat banjir dan longsor tersebut mengakibatkan jembatan terputus karena terbawa arus banjir. Untuk itu, PMI Kota Sukabumi mengerahkan Staf Marks dan unsur relawan yang terdiri dari Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT), Korps Sukarelawan (KSR) dan SATGANA untuk membangun jembatan darurat yang menghubungkan kampung RW 01 dan RW 08 di Kelurahan Benteng.

“Pasca banjir bandang yang terjadi kemarin, kami menerjunkan anggota relawan untuk melakukan penanganan salahsatunya seperti yang dilakukan oleh Relawan SIBAT Kelurahan Benteng gotong-royong membangun jembatan darurat untuk menghubungkan akses warga,”ujar Kepala Markas PMI Kota Sukabumi Zaini, Senin (8/11)

Zaini mengungkapkan bahwa jembatan tersebut merupakan satu-satunya sarana penghubung warga sekitar untuk kegiatan dan keperluan sehari-hari. Seperti kegiatan ekonomi, pendidikan yang salah satunya adalah dilalui oleh para santri di Pondok Pesantren Jamiyyatul Mutaallimin Al-Qodariyah.

Selain itu, sambung Zaini, PMI Kota Sukabumi juga telah mendistribusikan bantuan kedaruratan kepada para korban yang terdampak kejadian bencana kemarin baik longsor, rumah roboh maupun bencana kebakaran.

Sementara itu, Lurah Benteng Tri Hastuti menambahkan, usai diterjang banjir bandang, jembatan yang berada di perbatasana di kampung Nagrak Taman Bahagia hilang karena tergerus terbawa banjir bandang sehingga berdampak kepada warga khususnya para santri yang biasa menggunakan jembatan penghubung tersebut.

“Jembatan bambu ini pun sudah kali kedua dibangun setelah jembatan sebelumnya yang baru selesai kembali hancur diterjang derasnya arus sungai,” kata Tri.

Tri mengungkapkan, pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada para Relawan yang ada di PMI Kota Sukabumi, khususnya Relawan SIBAT Kelurahan Benteng, para donatur dan warga masyarakat yang sudah bergotong-royong membantu proses pembuatan jembatan darurat penghung warga tersebut yang dirasa sangat vital untuk kebutuhan warga.

100

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

RELAWAN BANJARNEGARA BANGUN 16 SARANA MCK DI LOKASI PENGUNGSIAN SEMERU

BANJARNEGARA ( JAWA TENGAH ) – Kabupaten Banjarnegara kembali mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan...

DONOR DARAH DI ARUTMIN TAMBANG KINTAP, RIDAYAT SENANG BISA DONOR DARAH LAGI

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Dalam rangkaian bulan K3 Nasional tahun 2022 PT. Arutmin...

GERAK CEPAT DAN GERAK BERSAMA TANGANI BANJIR KALI JOMPO

JEMBER – Tim relawan PMI Kabupaten Jember gerak cepat turun langsung ke lokasi banjir...