PMI Kabupaten Karangasem Bangun 58 Unit Shelter Pascagempa Bali

A. Rahman Tjereni

A. Rahman Tjereni

KARANGASEM-BALI, -Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karangasem Provinsi Bali telah membangun sedikitnya 58 unit shelter bagi korban pascagempa Bali pada 16 Oktober 2021 lalu, (Senin (8/11/2021).

Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,8 magnitudo mengguncang wilayah Karangasem, Bali pada pukul 4.18 Wita, Sabtu 16 Oktober 2021. Berdasarkan hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat gempa hari ini di Bali terletak pada koordinat 8,32 LS dan 115,45 BT.

Kerusakan di Kabupaten Karangasem tersebar di beberapa desa di empat kecamatan, antara lain Desa Ban dan Dukuh (Kecamatan Kubu), Rendang dan Pempatan (Rendang), Jungutan (Bebandem) dan Amerta Buana (Selat). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem mencatat, selain 243 rumah dengan kategori rusak berat, sebanyak 300 rumah warga rusak ringan dan tiga lainnya rusak sedang.

Selain kerusakan di sektor pemukiman, gempa mengakibatkan kerusakan berat pada 21 unit pelinggih atau bangunan suci, enam paseh dan dua candi. Satu candi lainnya rusak ringan. Dampak kerusakan juga terjadi pada fasilitas pendidikan satu unit dan tiga titik akses jalan yang tertutup material longsor.

Hingga kini PMI kab.karangasem masih melakukan perpanjangan Tanggap Darurat Bencana (TDB) dan telah membangun sedikitnya 58 Unit Shelter bagi korban gempa tersebut. Selain itu, PMI Kab.Karangasem juga menyalurkan kebutuhan logistik untuk korban dan juga melakukan pelayanan seperti, Pelayanan Ambulance. Dan dimasa transisi saat ini PMI Karangasem melakukan pelayanan Shelter dan air bersih di Desa Ban dan Dukuh Kecamatan Kubu.

(Foto Istimewa) : Relawan PMI Karangasem Lakukan Pendistribusian Air Bersih Untuk Korban Gempa Bali.

Relawan yang bertugas mulai dari tanggal 16 Oktober 2021 hingga saat ini sebanyak 30 relawan PMI Kab.Karangasem Provinsi Bali.

Kepala Markas PMI Karangasem I wayan Saputra yang juga sebagai kordinator tim relawan yang bertugas, berharap bantuan logistik yang telah di Distribusikan dan pembangunan Shalter dapat mencukupi dan memberikan manfaat kepada korban gempa sebagai penerima manfaat.

“Semoga segala bentuk kegiatan kami PMI Karangasem untuk memenuhi segala bentuk kebutuhan dan pelayanan kepada korban gempa ini dapat bermanfaat, apalagi saat ini sudah masuk musim hujan”, ungkapnya. (@r/03).

Editor : Arman

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

TINGKATKAN KAPASITAS KEMARKASAN, WUJUDKAN PMI YANG PROFESIONAL DI BANTEN

SERANG.- PMI Provinsi Banten dan Kabupaten-Kota se-Banten bakal mampu menerapkan manajemen markas maupun Unit...

PONPES AL-QODIRI GANDENG PMI JEMBER CEGAH DBD SEHARI SEBELUM KEDATANGAN SANTRI

Jember, Sebagai antisipasi penyebaran penyakit demam berdarah yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti, ratusan...

HALAL BIHALAL KARYAWAN ALFAMART DIISI DENGAN KEGIATAN DONOR DARAH

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Halal bihalal adalah salah satu tradisi yang berkembang di...