Kurniati Fadilah, Delegasi PMI di Ajang Asia Youth Changemakers 2021

Ahmad Zahid

Ahmad Zahid

KISAH inspiratif tentang perjuangan meraih harapan dan kesuksesan. Apapun kondisinya, dari manapun asalnya, baik orang berada atau kaum papa, jika bersungguh-sungguh pasti akan terwujud.

Kurniati Fadilah seorang Relawan PMI Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan, berasal dari Desa Sungai Baru. Satu desa sebelum Kecamatan Kintap, wilayah paling ujung dari Kabupaten Tanah Laut berbatasan langsung dengan Kabupaten Tanah Bumbu, telah membuktikannya sendiri, jauh dari Kota tidak menyurutkan semangat berprestasi.

Setidaknya 7 prestasi di Kepalangmerahan baik itu yang berskala Kabupaten, Provinsi, Nasional dan Asia sudah dirasakannya, kini dia kembali terpilih menjadi Delegasi Palang Merah Indonesia (PMI) di Asia Youth Changemakers 2021 bersama Putu Yunia Adriani yang berasal dari Provinsi Bali, 24 September sampai 5 November 2021. Sebelumnya juga berhasil membawa Tim dari PMI Tanah Laut untuk mengikuti Program Limitless yang dilaksanakan oleh Solferino Academy, dimana Nia sebagai Leader di Tim.

Asia Youth Changemakers sendiri merupakan sebuah program kepemimpinan yang memadukan inovasi sosial dan merancang pemikiran, interseksionalitas, dan seksualitas untuk memberdayakan kaum muda yang beragam untuk menjadi pendukung yang efektif untuk perubahan sosial.

Nia kerap sapaan kawan-kawan Relawan di PMI Tanah Laut, dia menyampaikan “yang membuat dia terus berkarya dan terus berusaha berprestasi adalah terpincut oleh kata-kata seniornya” yang mengatakan “Relawan PMI Kalimantan Selatan ini dipandang sebelah mata oleh orang-orang di luar sana, khususnya di Wilayah luar Kalimantan Selatan yang sudah berkembang lebih dahulu mengenai Kepalangmerahan” kini dia membuktikan bahwa Relawan Kalimantan Selatan juga siap bersaing dengan relawan-relawan dari luar.

Nia sendiri sejak tahun 2008 sudah bergabung menjadi Anggota PMR Madya, 2011 di PMI Wira dan 2015 bergabung di Korps Sukarela unit Markas PMI Tanah Laut hingga sekarang, Pernah juga menjadi Koordinator Relawan tingkat Kabupaten dan Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan di kegiatan Temu Karya Relawan Nasional (TKRN) yang dilaksanakan di Jatiluhur tahun 2018 sebagai Koordinator Relawan Provinsi Kalimantan Selatan, dalam Pendidikan Kepalangmerahan Nia juga sudah mengambil Spesialisasi Water and Sanitasi (WASH) pada tahun 2017 di Jatinangor Jawa Barat, sekarang bersama teman-temannya di Korp Sukarela Sedang menginisiasi kegiatan pelatihan berbasis online dilingkungan PMI Kabupaten Tanah Laut. Dikhususkan kepada adik-adik PMR yang tidak bisa melaksanakan kegiatan berbasis offline dikarenakan pandemic covid-19. Dimana kegiatan ini sudah berjalan selama 6 bulan.

Harapannya Nia setelah ini dia mampu menggabungkan inovasi sosial dan lokakarya interseksionalitas, yang akan memberikan kesempatan kepada kaum muda untuk belajar caranya seksualitas bersinggungan dengan isu-isu yang terkait langsung dengan pendidikan, kesehatan, pekerjaan, hukum, dan kewarganegaraan dan menemukan cara inovatif untuk bekerja dengan pembuat kebijakan, masyarakat sipil, kaum muda rakyat, dan aktivis untuk perubahan sosial yang progresif.

Tentunya kita berharap Relawan di Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan tidak hanya Nia yang bisa berprestasi di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan Internasional.

 

77

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PMI DAN ICRC PERKUAT KERJA SAMA KEMANUSIAAN

JAKARTA—Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Komite Internasional Palang Merah atau ICRC berkomitmen untuk memperkuat...

PMI DAN KOICA AJARKAN ANAK KESIAPSIAGAAN BENCANA

PEKALONGAN - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Korean International Cooperation Agency (KOICA) menggandeng 150...

Respon Erupsi Semeru, PMI Kabupaten Blitar Kirim Relawan

Blitar - PMI Kabupaten Blitar menerjunkan personel dan bantuan ke lokasi terdampak erupsi Gunung...