Rumah milik warga di Kadudampit tertimpa longsor, PMI terjunkan relawan & kirim bantuan logistik.

Aril Solehudin

Aril Solehudin

SUKABUMI, JAWA BARAT- Hujan deras dengan intensitas tinggi di sertai angin kencang, di wilayah Kabupaten Sukabumi pada selasa 07 September 2021, sekira pukul 16:30. mengakibatkan tanah longsor dan menimpa rumah Bapa Deden Warga Kp. Gandamaya Rt 26 / Rw 07. Desa Cikahuripan, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Fitri cucu dari Bapa Deden. pemilik rumah mengatakan, pada saat kejadian saya beserta kake saya sedang berada dirumah ketika itu saya lagi tidur dan tidak ada tanda-tanda akan terjadinya longsor. Namun saat itu hujan cukup daras,

Ketika hujan tersebut tetangga saya memberitahukan kepada kakek saya untuk segera meninggalkan rumah, munggkin tetangga saya mengetahui akan terjadi longsor, dikarenakan tanggul pondasi penahan rumah yang baru di bangun sekitar 2 bulan lalu mengalami keretakan.

Menurutnya longsor ini terjadi akibat saluran drainase yang tidak baik, dan air hujan tidak bisa mengalir, sehingga air terus mendorong tanggul pondasi penahan rumah yang diatas, hinga menyebabkan pondasi tersebut longsor dan menimpa rumah kakek saya. Allhamduliah dalam kejadian ini saya sekeluarga selamat. Ungkapnya.

“Merespon kejadian tersebut PMI Kabupaten Sukabumi telah menerjunkan personilnya membantu proses evakuasi bersama petugas gabungan lainnya di lokasi kejadian,”ujar dikdik Maulana Suparman, Staf Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/9)

Dikdik menjelaskan, data yang berhasil dihimpun oleh PMI dalam kejadian ini 1 rumah mengalami Rusak berat, yang di huni oleh 1 kk 3 jiwa dan yang terancam 1 Rumah 1kk 5 jiwa.

” kami juga sudah berkordinasi dengan BPBD Kabupaten Sukabumi dan sejak tadi pagi Relawan PMI, serta petugas gabungan lainya sudah berada dilokasi untuk melakukan pembersihan puing-puing bangunan akibat longsoran dan Alhamdulilah dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Jadi Relawan PMI serta petugas gabungan lain nya tinggal melakukan evakuasi barang-barang yang masih bisa digunakan serta membersihkan material sisa longsoran.

Selain itu PMI juga telah menyalurkan bantuan berupa ( paket Sembako, Hygiene kit, terpal, tikar dan paket PHBS ). Untuk membantu warga yang terkena dampak dari longsoran yang menimpa rumah bapa deden, mudah-mudahan bantuan yang sudah di salurkan dapat digunakan dan bermanfaat bagi warga yang terkena musibah.

Sementara korban longsoran tersebut di ungsikan kerumah saudaranya yang tidak jauh dari lokasi longsor tersebut, tambahnya.

 

                         

40

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PMI DAN ICRC PERKUAT KERJA SAMA KEMANUSIAAN

JAKARTA—Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Komite Internasional Palang Merah atau ICRC berkomitmen untuk memperkuat...

PMI DAN KOICA AJARKAN ANAK KESIAPSIAGAAN BENCANA

PEKALONGAN - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Korean International Cooperation Agency (KOICA) menggandeng 150...

Respon Erupsi Semeru, PMI Kabupaten Blitar Kirim Relawan

Blitar - PMI Kabupaten Blitar menerjunkan personel dan bantuan ke lokasi terdampak erupsi Gunung...