60 Relawan PMI Lakukan Kajian Risiko

Eko Purwanto

Eko Purwanto

60 Relawan PMI Kebumen bersama Fasilitator PMI Pusat dan Japanese Red Cross Society antisipasi bencana dengan menyusun kajian risiko bencana. Kegiatan Pembukaan dilaksanakan di Aula PMI Kabupaten Kebumen Selasa 7 September 2021.

Sabar Irianto, Ketua PMI Kabupaten Kebumen dalam pembukaan acara menyampaikan penyusunan kajian risiko ini dilaksanakan di 4 Desa di 4 Kecamatan yang menjadi lokasi Program Kesiapsiagaan Tanggal Darurat Bencana Berbasis Masyarakat dan Sekolah kerja sama PMI dengan JRCS.

“Ada 4 desa di 4 kecamatan yang akan dikaji dan disusun oleh relawan selama 10 hari ke depan dankami harapkan untuk dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, dimana pada kegiatan ini hasil kajian sangat sangat diperlukan dan melalui ini masyarakat setempat ke depan bisa lakukan upaya dan langkah, pencegahan atau pengurangan dampak bencananya” ujar Sabar.

 

Beberapa waktu yang lalu, PMI Kebumen telah laksanakan pengumpulan data dan ruang melalui kegiatan baseline, survey masyarakat dan kali ini melaksanakan upaya pengurangan resiko bencana lewat Vulnerability and Capacity Assessment (VCA) dan Participatory Rural Appraisal (PRA) dan Pemetaan Risiko.

“Kami sangat harapkan peran masyarakat dan aparatur di 4 desa untuk berpartisipasi aktif pada kegiatan ini untuk pengurangan resiko bencana. Jika bukan masyarakat setempat siapa lagi,” terang Sabar.

Teguh Wibowo, Kasubdiv Pengurangan Risiko Markas Pusat PMI dalam sambutannya mengharapkan teman teman KSR PMI dan Sibat dari 4 desa yang selama 10 hari ke depan akan bekerja dengan keras menggali informasi dari masyarakat.

“Berharap besar kepada rekan rekan dapat melaksanakan kegiatan kajian risiko ini dengan penuh dedikasi, sehingga hasil yg akan dicapai juga dapat menjadikan pedoman dimasyarakat untuk melaksanakan kegiatan pengurangan risiko bencana” ungkapnya.

Ucapan terima kasih disampaikan Isty peserta dari KSR PMI Kebumen dimana kegiatan ini adalah kegiatan yang baru pertama kali dilakukan setelah sekian lama mengikuti dunia kerelawanan.

“Terima kasih telah melibatkan kami dalam kegiatan ini, sangat bersyukur bisa bergabung dengan teman teman yang hebat yang diberikan tugas oleh PMI Kebumen untuk menyusun kajian risiko untuk desa.” ucap Isty. (purwanto_eko humas pmi kebumen)

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PMI CILEGON IKUTI SIMULASI KEDARURATAN KESEHATAN MASYARAKAT 2022

CILEGON,- Kota Cilegon merupakan daerah dengan potensi bencana tertinggi di Indonesia, selain bencana alam...

𝐏𝐌𝐈 𝐒𝐚𝐥𝐮𝐫𝐤𝐚𝐧 𝐁𝐚𝐧𝐭𝐮𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐏𝐞𝐧𝐲𝐢𝐧𝐭𝐚𝐬 𝐆𝐞𝐦𝐩𝐚 𝐂𝐢𝐚𝐧𝐣𝐮𝐫 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢 𝐫𝐚𝐰𝐚𝐭 𝐝𝐢 𝐑𝐒𝐔𝐃. 𝐑 𝐒𝐲𝐚𝐦𝐬𝐮𝐝𝐢𝐧 𝐒𝐇

KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menyalurkan bantuan kepada...

RESPON GEMPA CIANJUR ; KSR PMI ITS MANDALA JEMBER GALANG DANA UNTUK KORBAN CIANJUR

JEMBER -  Sejumlah aktivis kemanusiaan yang terhimpun dalam Korps Sukarela (KSR) Institute Teknologi dan...