DUKUNG PMI TANGANI BENCANA, PT MMKI SUMBANG RP 1 MILIAR

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

JAKARTA,-Donasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam berbagai penanganan bencana, termasuk gempa di Sulawesi Barat (Sulbar). Donasi disebut akan meringankan beban masyarakat Sulbar di sejumlah pengungsian. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) yang didampingi oleh Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said saat menerima donasi senilai Rp 1 miliar dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Markas Pusat PMI, Jalan Gatot subroto, Jakarta, Kamis (4/2/2021).

“Donasi bagi pelaku usaha artinya adalah komitmen kepada kemanusiaan. Seperti kita tahu, belakangan ini banyak bencana terjadi di Indonesia, masyarakat terdampak sangat membutuhkan uluran tangan sesama,” kata JK.

JK melanjutkan, PMI telah menyalurkan bantuan dan layanan sejak hari pertama pascagempa Sulbar. Hal itu, katanya, sesuai dengan komitmen PMI yang memulai respons bencana pada enam jam pertama pascabencana.

PMI mengerahkan 260 relawan di Mamuju dan Majene, Sulbar. Sejumlah layanan yang diberikan relawan di antaranya layanan kesehatan, penyediaan fasilitas kebersihan di pengungsian,  penyaluran bantuan berupa kebutuhan dasar pengungsi hingga distribusi air bersih. Bekerjasama dengan Pemerintah, imbuh JK, PMI akan terus melayani masyarakat terdampak.

“Kami berada di antara tangan di atas dan tangan di bawah, artinya kami sebagai lembaga kemanusiaan, menerima kemudian menyalurkan donasi dari masyarakat,” tukasnya.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) diketahui beberapa kali berdonasi melalui PMI beberapa kali. Dalam penanganan covid-19 misalnya, distributor resmi kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia ini mendonasikan 9.000 masker N95 ke PMI. PT MMKI juga mendistribusikan 3 unit kendaraan Mitsubishi yang terdiri dari 2 unit Triton Rescue Car dan 1 unit Outlander PHEV ke PMI untuk penanganan bencana di Sulawesi Barat dan Jawa Barat.

“PMI adalah mitra kami dalam mewujudkan komitmen kami kepada kemanusiaan. Kami menyerahkan sepenuhnya donasi ini kepada PMI agar tersalurkan secara cepat dan tepat,” kata Presiden Direktur PT Krama Yudha, Robert E Wannee.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp