PMI DAN ICRC PERKUAT KERJA SAMA KEMANUSIAAN

Farhan Irfan

Farhan Irfan

JAKARTA—Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Komite Internasional Palang Merah atau ICRC berkomitmen untuk memperkuat kerjasama dalam pelayanan kemanusiaan. Pernyataan tersebut mengemuka dalam pembicaraan bilateral yang dihadiri Ketua Umum PMI Muhammad Jusuf Kalla serta Wakil Presiden ICRC Gilles Carbonnier di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Peran PMI dalam membantu korban konflik sama pentingnya dengan peran penanggulangan bencana. Menurut JK, peran tersebut berjalan beriringan sebagai tugas kemanusiaan. Karenanya kerja sama dengan ICRC perlu ditingkatkan.

“Sebagai perhimpunan nasional, PMI perlu bekerja sama dengan berbagai pihak di tanah air maupun di dunia internasional,” tegas JK.

DISKUSI KEMITRAAN: Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (ketiga dari kiri) berdiskusi dengan Wakil Presiden ICRC Gilles Carbonnier berdiskusi usai pertemuan Pengurus PMI bersama Perwakilan ICRC, Selasa (7/12/2021). (foto:Zam)

Selama lima tahun ke belakang, kerja sama PMI dengan ICRC di antaranya meliputi sosialsiasi hukum humaniter, dukungan korban gangguan keamanan dan tanggap situasi darurat, operasi katarak serta vaksinasi covid-19 di Indonesia bagian Timur.

Kerja sama kedua belah pihak juga dilakukan dalam pengembangan kapasitas kelembagaan dan relawan. Pengesahan Undang-undang Kepalangmerahan, di antaranya, teruwujud berkat dukungan ICRC. Dalam hal pengembangan kapasitas relawan, ICRC memberikan dukungan berupa pelatihan manajemen jenazah.

ICRC juga turut mendukung PMI untuk terlibat secara aktif di pergerakan Palang Merah Internasional. Pada Mei 2019, PMI diwakili ketua Umum Jusuf Kalla serta jajaran pengurus PMI mengikuti Konferensi Internasional Palang Merah di Jenewa, Swiss. Selain membicarakan komitmen mempromosikan prinsip-prinsip kemanusiaan di Indonesia secara lebih luas, kedua belah pihak juga membicarakan upaya solusi perdamaian di daerah konflik.

“Sebagai organisasi kemanusiaan yang netral, independen, dan imparsial, ICRC berharap dapat memperluas kerjasama di Indonesia dan di kawasan, serta mengembangkan kemitraan dan inisiatif bersama yang berpihak pada mereka yang terkena dampak situasi kemanusiaan,” demikian dikatakan oleh Wakil Presiden ICRC, Gilles Carbonnier.

RENCANA KEMITRAAN: Gilles Carbonnier (dua dari kiri) saat berdiskusi dengan Wakil Ketua Umum PMI Ginanjar Kartasasmita dan Sekjen PMI Sudirman Said di Ruang Rapat Utama Markas Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto, Selasa (7/12/2021). ICRC baka memperkuat kemitraan dengan PMI di bidang bantuan kemanusiaan serta pengembangan kapasitas kelembagaan. (foto:Mega) 

Dalam pertemuan hari Selasa di Jakarta, kedua belah pihak, baik PMI dan ICRC menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang terjalin selama ini, kerjasama penanganan COVID di Indonesia Timur, peran sukarelawan dalam penanganan situasi darurat dan perlindungannya, serta sosialisasi hukum humaniter dan kerjasama kemanusiaan antarkedua lembaga.

222

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

RELAWAN BANJARNEGARA BANGUN 16 SARANA MCK DI LOKASI PENGUNGSIAN SEMERU

BANJARNEGARA ( JAWA TENGAH ) – Kabupaten Banjarnegara kembali mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan...

DONOR DARAH DI ARUTMIN TAMBANG KINTAP, RIDAYAT SENANG BISA DONOR DARAH LAGI

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Dalam rangkaian bulan K3 Nasional tahun 2022 PT. Arutmin...

GERAK CEPAT DAN GERAK BERSAMA TANGANI BANJIR KALI JOMPO

JEMBER – Tim relawan PMI Kabupaten Jember gerak cepat turun langsung ke lokasi banjir...