Respon Erupsi Semeru, PMI Kabupaten Blitar Kirim Relawan

Yuniarti Supaningrum

Yuniarti Supaningrum

Blitar – PMI Kabupaten Blitar menerjunkan personel dan bantuan ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, Senin (6/12) siang. Rombongan relawan PMI dan bantuan diberangkatkan dari Kantor PMI Kabupaten Blitar sekitar pukul 10.48.
Ketua PMI Kabupaten Blitar Drs, Rijanto, MM mengungkapkan setidaknya ada 8 anggota dan relawan PMI Kabupaten Blitar yang berangkat ke lokasi musibah. Dalam tim tersebut terdapat Dua Tenagakesehatan dan enam petugas logistik yang siap membantu memberikan pertolongan medis dan Distribusi makanan kepada korban terdampak.
“Kami juga memberangkatkan anggota dan relawan untuk membantu di Dapur Umum dan Pelayanan Kesehatan. Sehingga bisa memberikan bantuan apabila ada kondisi darurat saat di lapangan,” ujarnya.
“Arahan Ketua PMI Kabupaten Blitar, Bangga dan terima kasih atas keikhlasan temen-temen relawan membantu sesama terdampak bencana, Patuh pembagian tugas yang diberikan komandan Posko dan selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protocol kesehatan”
Rijanto juga mengatakan bahwa PMI Kabupaten Blitar telah menyiapkan alat utama Dapur Umum. Terdiri dari satu set Dapur Umum, ambulans, Mobil Pickup, firs aid kit (kotak pertolongan pertama), kabel rol, kotak peralatan, sembako dan cairan pembersih mata.
Bantuan ini diberangkatkan secara serentak, dengan harapan bisa mempercepat proses penanganan. Selain itu dengan bantuan yang diberikan korban terdampak atas kejadian tersebut bisa terus ditekan hingga ke angka terendah.

“Kami juga sudah menyiapkan bantuan untuk konsumsi dan bergabung dengan tim DU PMI Kabupaten Malang. Harapannya ini dapat membantu memenuhi kebutuhan korban dan relawan selama proses evakuasi berlangsung,” lanjutnya.

Untuk operasional petugas yang dikerahkan dari PMI Kabupaten Blitar sudah menyiapkan untuk kebutuhan dan keperluan tim. Mulai dari alat kebersihan diri hingga suplai makanan selama tugas perbantuan ke lokasi kejadian bencana.

“Kami akan langsung menuju ke Lumajang untuk bergabung dengan POSKO PMI Kabupaten Malang di Kec. Pronojiwo, desa supiturang, dusun curahkobokan, kami sudah petakan untuk jalur-jalur yang bisa dijangkau. Tim juga sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin sehingga bisa prima dalam melaksanakan tugas dibawan kendali Koordinator Lapangan,” pungkasnya.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

Dukung Pengurangan Pemanasan Global, PMI Kota Sukabumi Terima Bantuan Bibit Pohon

KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT- Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sukabumi menyerahkan bantuan bibit tanaman...

Bantu Capai Target Imunisasi MR Fase 2, PMI Kerahkan Ribuan Relawan

JOGJAKARTA—Palang Merah Indonesia (PMI) telah menjangkau 459 ribu keluarga dalam program Kampanye Campak Rubela...

PMR KOLABORASI DENGAN PRAMUKA UNTUK KEBENCANAAN BAGIKAN 150 PAKET SEMBAKO DAN 250 BIBIT TANAMAN UNTUK WARGA LERENG GUNUNG HYANG ARGOPURO

Jember, Untuk membantu pemerintah dalam hal tanggap bencana, Palang Merah Remaja (PMR) dan Pramuka...