logo2021

RESPONS BENCANA, PMI JAGA PROTOKOL KESEHATAN

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Palang Merah Indonesia  (PMI) menyiagakan personel untuk merespons bencana banjir di sejumlah daerah. Sebanyak tujuh gudang regional PMI juga aktif mengirimkan bantuan logistik untuk warga terdampak bencana. PMI menjalankan protokol kesehatan dalam membantu serta menyalurkan bantuan logistik selama pandemi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI Sudirman Said menerangkan, sejumlah PMI daerah telah merespons bencana banjir akibat anomali cuaca belakangan ini. Di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, PMI setempat mengerahkan  personel untuk evakuasi serta melakukan pendataan.

“Kami telah bersiap sejak September dengan menyusun mekanisme respons bencana selama pandemi. Tujuannya,  supaya personel terjaga keselamatannnya serta warga terdampak juga terhindar dari bahaya penularan, ” jelasnya.

Di Aceh, relawan PMI Aceh Utara dan PMI Lhokseumawe mendistribusikan air bersih ke empat desa di Aceh Utara. Penerima manfaat layanan ini disebut sebanyak 1.000 jiwa. Sebelumnya, PMI juga mengevaluasi warga di wilayah tersebut saat banjir melanda Jumat (4/12/2070).

“Masyarakat terdampak banjir yang kekurangan air bersih karena sumur-sumur warga kotor lantaran air banjir, sehingga tidak layak untuk di gunakan. Jadi kami menyalurkan air bersih dengan truk tangki PMI,” terang Sudirman.

Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan 17 Kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Aceh Timur dan Kota Lhokseumawe terendam banjir. Banjir terjadi karena Sungai Krueng Jambo Aye dan Sungai Arakundo meluap. Sebanyak 57.388 Jiwa terdampak, 1 Orang meninggal dunia dan sebanyak 7.168 Jiwa mengungsi.

Banjir juga  melanda  Medan dan Binjai di Sumatera Utara. Banjir merendam Desa Sejarah Baru dan Kelurahan Bergam terendam, sebanyak 945 KK terdampak dan 10 orang dinyatakan hilang. Di Kota Medan, banjie menyebabkan 10 Kecamatan terendam, sebanyak 12.783 Jiwa terdampak, 2.396 rumah terendam, 1.557 Jiwa mengungsi di 2 titik pengungsian, 1 orang luka berat, 1 orang luka ringan, 2 orang hilang dan 5 orang dinyatakan meninggal dunia.

Saat ini, tujuh gudang logistik PMI yang tersebar di Padang (Sumatera Barat), Serang (Banten), Gresik (Jawa Timur), Semarang (Jawa Tengah), Banjarmasin (Kalimantan Selatan) dan Makassar (Sulawesi Selatan), dan Jakarta aktif menyalurkan bantuan ke wilayah terdampak bencana. Yang terbaru, Gudang PMI regional Gresik mengirimkan bantuan logistik ke bencana erupsi Semeru. Selain dari gudang regional, bantuan juga disalurkan dari gudang PMI setempat.

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3