Banjir dan Longsor Kepung Kota Sukabumi, PMI Terjunkan Relawan

Dinar Muhammad J

Dinar Muhammad J

KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT- Bencana Banjir dan longsor kembali terjadi di sejumlah wilayah di Kota Sukabumi, Jawa Barat, bersamaan tingginya curah hujan sejak Minggu (7/11) siang. Berdasarkan data sementara kompilasi dari BPBD Kota Sukabumi pada pukul 19.51 Wib. Bencana banjir dan longsor terjadi di 27 titik.

Lokasi tersebut tersebar di Kecamatan Gunungpuyuh, Warudoyong, Cikole, Citamiang, dan Cibeureum. Adapun rinciannya bencana longsor 10 titik, banjir 13 titik, rumah roboh 2 titik, dan pohon tumbang 1 lokasi. Saat ini personel BPBD dan Relawan gabungan lainnya disebar siaga di semua lokasi. Mereka melakukan penanganan sekaligus asesmen.

Sementara itu untuk membantu proses penanganan, sejumlah Relawan PMI Kota Sukabumi diterjunkan untuk membantu proses penanganan di lapangan. “Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD Kota Sukabumi dan menerjunkan personil Relawan yang tersebar dibeberapa wilayah untuk membantu proses penanganan dan asessmen,”ujar Kepala Markas PMI Kota Sukabumi, zaini, minggu (7/11)

Menurutnya pihaknya mengerahkan personil Relawannya untuk membantu proses pembersihan material longsoran seperti yang dilakukan di rumah terdampak longsor atas nama Bapak Agus yang beralamat di kampung Situawi Pasir Rt/Rw. 3/11Kelurahan karangtengah Kecamatan Gunungpuyuh yang mengakibatkan dinding rumahnya jebol terkena dampak material longsoran tebing di pinggir rumahnya

Selain itu, tambah zaini, sejumlah Relawan PMI juga membantu penanganan banjir dibeberapa lokasi yang disebabkan penyebab genangan dari luapan drainase, dan akibat luapan sungai karena debit air saat hujan deras sangat tinggi.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagan menyusul akumulasi curah hujan tinggi dan kondisi cuaca yang ekstrem seperti ini bisa memicu terjadinya bencana banjir, tanah longsor, banjir bandang serta permasalahan Kesehatan lainnya.

                       

                     

                     

179

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

RELAWAN BANJARNEGARA BANGUN 16 SARANA MCK DI LOKASI PENGUNGSIAN SEMERU

BANJARNEGARA ( JAWA TENGAH ) – Kabupaten Banjarnegara kembali mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan...

DONOR DARAH DI ARUTMIN TAMBANG KINTAP, RIDAYAT SENANG BISA DONOR DARAH LAGI

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Dalam rangkaian bulan K3 Nasional tahun 2022 PT. Arutmin...

GERAK CEPAT DAN GERAK BERSAMA TANGANI BANJIR KALI JOMPO

JEMBER – Tim relawan PMI Kabupaten Jember gerak cepat turun langsung ke lokasi banjir...