Doc. PMI Kotawaringin Barat

Relawan PMI Kotawaringin Barat Ikut Padamkan Karhutla

PMI Kotawaringin Barat

PMI Kotawaringin Barat

KOTAWARINGIN BARAT, KALIMANTAN TENGAH.- Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, bersama Tim Gabungan kembali berjibaku memadamkan api di lahan kosong. Sabtu, (07/08/2021).

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kali ini terjadi Jalan Padat Karya, Sungai Kapitan, Kecamatan Kumai, meski api berhasil dipadamkan petugas tetap bersiaga dilokasi. Wakil Ketua Bidang Relawan dan Organisasi, PMI Kotawaringin Barat, Rio Juni Andita mengatakan relawan PMI Kotawaringin Barat memang sudah sering ikut dalam penangan Karhutla bersama tim gabungan lainnya.

Selain ikut membantu tim gabungan dalam memadamkan api, Rio mengatakn relawan juga memastikan keselamatan para tim lainnya yang berjibaku dengan api. “Kita pastikan tim di lapangan tidak ada yang mengalami kecelakaan, misal terluka atau kekurangan oksigen akibat menghirup asap dan dehidrasi, kita siap backup,” ujar Rio.

Dalam menjalankan tugas tersebut, relawan selalu berkoordinasi dengan tim gabungan lainnya. Saat memasuki musim kemarau hutan dan lahan mudah terbakar, karena kondisi kering ditambah angin bertiup kencang. Karhutla yang terjadi ini salah satu penyebabnya adalah manusia, baik sengaja ataupun tidak disengaja.

25

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PMI DAN ICRC PERKUAT KERJA SAMA KEMANUSIAAN

JAKARTA—Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Komite Internasional Palang Merah atau ICRC berkomitmen untuk memperkuat...

PMI DAN KOICA AJARKAN ANAK KESIAPSIAGAAN BENCANA

PEKALONGAN - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Korean International Cooperation Agency (KOICA) menggandeng 150...

Respon Erupsi Semeru, PMI Kabupaten Blitar Kirim Relawan

Blitar - PMI Kabupaten Blitar menerjunkan personel dan bantuan ke lokasi terdampak erupsi Gunung...