EDUCATION CLASS PMI BANJARNEGARA

M. Alwan Rifai

M. Alwan Rifai

Banjarnegara (Jawa Tengah) – Mendidik dan menciptakan kader generasi muda yang handal dan berkualitas serta berjiwa kemanusian terus digalakkan oleh PMI Kabupaten Banjarnegara, salah satunya yakni dengan menggelar education class menggandeng sekolah baik tingkat SD, SMP maupun SMA sederajat memberikan bekal dan materi tentang pertolongan pertama dan kegawatdaruratan.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara dr. Amalia Desiana mengatakan pertolongan pertama adalah sangat dekat dalam kehidupan sehari hari, banyak kasus yang terjadi di sekitar kita dalam lingkup keluarga dan lingkungan sekitar yang perlu mendapatkan perhatian serius. “Kelihatanya sepele namun pertolongan pertama jika tidak dilakukan dengan baik serta dengan prosedur yang benar justru akan memperparah situasi bagi korban atau penderita” paparnya. Pengetahuan tentang pertolongan pertama wajib hukumnya bagi seluruh relawan PMI dengan harapan dapat menerapkan dan menularkan ilmu yang didapat kepada siapapun dalam upaya mencetak kader peduli sesama.

PMI Kabupaten Banjarnegara membuka dengan lebar kepada siapa saja yang hendak mengadakan education class atau pelatihan Pertolongan Pertama baik untuk kalangan sekolah maupun instansi atau perusahaan.

Sementara itu Ketua Bidang Diklat dan Relawan Agus Sutanto, S. Pd , M. Pd mengatakan pemberian materi Pertolongan pertama pada era saat ini diarahkan dengan metode praktis dan mengikuti perkembangan jaman seiring dengan era digitalisasi. ” Masyarakat dapat mendowload materi secara mudah dan cepat lewat aplikasi First Aid PMI, sedangkan untuk aplikasi atau praktek dapat kami bimbing sesuai dengan studi kasus dilapangan” paparnya.

Dengan demikian fungsi PMI dalam rangka menyebarluaskan nilai nilai Kepalangmerahan sesuai dengan Undang Undang Nomor 1 Tahun 2018 dapat terus dilakukan dengan baik, masuk ke berbagai element masyarakat lebih khusus kepada generasi muda di lingkungan sekolah. **alw

113

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

RELAWAN BANJARNEGARA BANGUN 16 SARANA MCK DI LOKASI PENGUNGSIAN SEMERU

BANJARNEGARA ( JAWA TENGAH ) – Kabupaten Banjarnegara kembali mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan...

DONOR DARAH DI ARUTMIN TAMBANG KINTAP, RIDAYAT SENANG BISA DONOR DARAH LAGI

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Dalam rangkaian bulan K3 Nasional tahun 2022 PT. Arutmin...

GERAK CEPAT DAN GERAK BERSAMA TANGANI BANJIR KALI JOMPO

JEMBER – Tim relawan PMI Kabupaten Jember gerak cepat turun langsung ke lokasi banjir...