Hari Donor Darah Sedunia, PMI Batam Gencar Dorong Komunitas, Perusahaan dan Instansi untuk Menggelar Kegiatan Donor Darah

Diah Maya Andina

Diah Maya Andina

BATAM (06/06/21)Dalam rangka peringatan Hari Donor Darah Sedunia (HDDS) 2021, Palang Merah Indonesia (PMI) Batam gencar menggandeng komunitas, perusahaan dan Instansi Pemerintahan untuk berpartisipasi dalam memenuhi kebutuhan darah di Kota Batam. Selama pandemi Covid-19, stok darah PMI Batam memang anjlok turun sampai lebih dari 50 % dibanding keadaan saat masih normal.

Perolehan tidak seimbang dengan permintaan darah, mengakibatkan Unit Donor Darah (UDD) PMI Batam menerapkan kebijakan tambahan syarat Donor Pengganti. Kepala UDD PMI Batam, dr. Novia, M.Biomed, mengatakan dikarenakan stok darah masih terus menipis, keluarga pasien yang membutuhkan darah harus siap untuk mendonorkan darah atau mencari pendonor darah pengganti tambahan.

“Jika permintaan darah tinggi, sementara ketersediaan di UDD PMI Batam terbatas, otomatis jumlah yang ada akan berkurang. Sedangkan idealnya di UDD PMI selalu ada stok tersedia agar sewaktu-waktu bisa digunakan saat dibutuhkan. Dengan membawa donor pengganti, itu berarti masyarakat turut menjaga agar stok darah di PMI selalu tersedia” lanjutnya.

Sambutan Ketua PMI Kota Batam pada Pembukaan Kampanye Hari DonorDrah Sedunia 2021

Sambutan Ketua PMI Kota Batam pada Pembukaan Kampanye Hari Donor Darah Sedunia 2021

Ditemui di Seremonial terbatas pembukaan kampanye HDDS 2021, hadir Ketua PMI Batam, Ny. Sri Soedarsono yang menyampaikan komitmennya bersama pengurus PMI Kota Batam untuk terus berupaya memenuhi permintaan darah di Kota Batam. Perempuan yang kerap disapa “Bu Dar” ini tak henti-hentinya mendorong komunitas, perusahaan, dan instansi pemerintahan serta masyarakat luas untuk menggelar kegiatan donor darah sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan. Mengusung tema HDDS 2021, Give Blood and Keep the World Beating yang artinya Donorkan Darahmu, agar Kehidupan Dunia tetap Berdetak, PMI Batam berfokus pada pemulihan jumlah stok darah agar mencukupi kebutuhan darah di kota Batam.

Di kesempatan yang sama, perempuan yang sudah aktif bergelut dalam bidang sosial semenjak 50 tahun yang lalu ini, turut menyampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap komunitas Perkumpulan Marga Tan, yang ikut berpartisipasi pada peringatan HDDS 2021 dengan mendermakan waktu, darah dan bingkisan untuk pendonor darah yang datang ke Gedung PMI Batam, Batam Centre dari 6 – 14 Juni 2021.

Perwakilan dari Marga Tan, Tan A Tie, dalam sambutannya mengajak masyarakat Batam untuk dapat mendonorkan darahnya yang sangat berarti bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Beliau yang juga sedang mengemban amanah menjadi Anggota DPRD Kota Batam, mengatakan bahwa pendonor darah adalah pahlawan kemanusiaan, karena mereka dengan sukarela dan ikhlas membantu sesamanya tanpa pamrih.

Pembukaan Kampanye HDDS 2021 tersebut turut dihadiri para pengurus PMI Batam, Asmin Patros, SH.,M.Hum, Acun Tan, Delvina Piododa, dr. Susana Endang, dan Eva Rosida, serta Bapak Shoufa (Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Batam.

Selesai dari seremonial terbatas tersebut, para pengurus PMI Batam bertolak menuju Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid19 (RSKI) Galang, yang juga sedang menggelar donor darah untuk instansinya. Ditemui lebih dari 50 Prajurit TNI yang menyemarakkan kampanye HDDS 2021serta ikut mendonorkan darahnya.

Bagi perusahaan, komunitas, dan instansi yang ingin menggelar kegiatan sosial donor darah dalam rangka hari donor darah sedunia, dapat menghubungi dr. Melvin di no telepon (0778) 7431 368. (DMA)