logo2021

PMI DISTRIBUSIKAN 416 RIBU LITER AIR BERSIH DI JATENG

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Kekeringan yang melanda wilayah di Jawa Tengah, menjadi perhatian Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah. Hingga saat ini, PMI telah mendistribusikan air sebanyak 416.000 liter yang menjangkau 3.829 KK di Kabupaten Tegal, Cilacap, Grobogan, Temanggung, Boyolali dan Kudus.

Ketua PMI Jateng H. Imam Triyanto mengungkapkan, PMI Jateng telah mengirimkan truk-truk tanki air untuk membantu PMI di kabupaten-kota memberikan pelayanan air bersih untuk masyarakat dengan menggunakan 8 unit truk tanki air.


“Distribusi air bersih ditujukan di wilayah yang kekeringan dan sangat membutuhkan air, dan hingga laporan yang kami terima hari ini telah terdistribusi 416 ribu liter,” ujarnya di Markas PMI Jateng, Semarang (5/8).

PMI di kabupaten-kota juga melakukan kerjasama dengan berbagai instansi seperti BPBD, PDAM dan swasta lain. “PMI saat ini membantu pemerintah untuk menyediakan kebutuhan air, karena adanya permintaan dari warga. Kami juga melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat dan BPBD untuk distribusi air ke masyarakat,” katanya.

Seorang warga Kabupaten, Fuad Sultoni mengatakan bisa memperoleh air sebanyak empat ember dan dua jeriken berkapasitas sekitar 40 liter. “Satu tangki untuk dua RT, tiga dan empat. Kami sampai harus berebut saat droping air. Kami juga mengajukan permintaan droping lagi, untuk jumlah warga yang lebih banyak. Surat sudah kami layangkan ke desa,” ungkap warga Kutuk RT 3 / RW 3, Kecamatan Undaan, Kudus.

Sementara, untuk keperluan mandi cuci kakus (MCK), Fuad dan warga lain mengandalkan air dari sungai, yang sebenarnya cukup kotor. “Kami endapkan dulu di semur, biar menjadi agak bersih. Caranya, air kali digenangkan di dekat sumur, nanti kan meresap melalui tanah, mengalir ke sumur,” ujarnya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : M. Nashir Jamaludin, Humas PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp: 081228011455, Email  : nashrjateng@gmail.com

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3