PERSONIL PMI BERAKSI UNTUK NEPAL

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Dalam operasi bantuan kemanusiaan Gempa Bumi Nepal, Palang Merah Indonesia telah mengirimkan bantuan ke Nepal. Bantuan pertama, PMI memberangkatkan tenaga ahli bedah dari RS PMI Bogor beserta 500 buah tarpaulin pada Rabu  (29/4). Selanjutnya, PMI kembali mengirimkan satu personil PMI spesialisasi Air dan Sanitasi (Water and sanitation) pada Jumat (1/5).

Pada Jumat pagi (1/5), dokter ahli bedah dari RS PMI Bogor, dr. Salwan Hartono telah bergabung bersama tim dokter lainnya. Bertempat di Rumah Sakit Kuntipur, 10 dokter spesialis Othopedi, Anestesi dan Bedah Umum telah melakukan tindakan operasi terhadap 2 orang pasien. Hingga berita ini ditulis, tim dokter spesialis masih bertugas di RS Kuntipur hingga rumah sakit lapangan selesai didirikan. Sedangkan personil PMI spesialis Air dan Sanitasi, Taufik Jeremias mengabarkan bahwa timnya kini sedang melakukan tindakan assessment di distik Gorkha.


Selain mengirimkan bantuan ke Nepal, PMI juga telah membuka 3 (tiga) rekening bantuan bencana bagi masyarakat yang ingin membantu korban Gempa Nepal. Terhitung sejak rekening bantuan dibuka pada 27 April hingga 4 Mei 2015, telah terkumpul donasi sejumlah Rp. 561.767.396. PMI akan membuka ketiga rekening donasi bantuan Gempa Nepal selama 3 bulan.

Dilansir dari Voa Indonesia, Empat orang kembali diselamatkan dari reruntuhan seminggu lebih setelah gempa hebat di Nepal menewaskan lebih dari 7200 orang. Komite Palang Merah Internasional juga telah menciptakan sebuah situs bagi teman dan keluarga untuk melaporkan kerabat mereka yang hilang atau mencari mereka yang baru saja ditemukan.

Untuk informasi lebih lanjut: Arifin Muh. Hadi, 0812 977777 55 atau Aulia Arriani, Kepala Biro Humas Markas Pusat PMI, Hp. 0816 795 379. Kontak Media: Anggun Permana Sidiq, Hp.0856 97777 313. Email: pmi@pmi.or.id