Waspada LaNina, PMI Provinsi Bali Gelar Bimtek Keposkoan

Nurwarta Wiguna

Nurwarta Wiguna

PROVINSI BALI,- Berkaitan dengan surat edaran dari PMI Pusat No : 1404/PB/XI/2021 perihal Kesiapsiagaan Bencana dan Longsor 2021-2022, PMI Provinsi Bali mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Keposkoan PMI Kabupaten/Kota se-Bali. Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan fungsi posko,  teutama kewaspadaan menghadapi musim penghujan di penghujung tahun 2021 hingga awal tahun 2022.

Bimtek Keposkoan dibuka Ketua Bidang Penanggulangan Bencana (PB), Haji Bambang Priyanto didampingi I Nengah Pringgo (Anggota Bidang PB), I Nyoman Puasha Aryana (Ketua Bidang Diklat), Wayan Riman Aryadi (Anggota Bidang Diklat) dan Sita Prahastuti (Ketua Bidang Anggota dan Relawan) serta seluruh Staf PMI Provinsi Bali bertempat di ruang belajar PMI Provinsi Bali, Kamis (04/11/2021).

Haji Bambang Priyanto, menyampaikan sambutan dari Ketua PMI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra menyatakan, diperkirakan terjadi Badai LaNina pada akhir 2021 berkelanjutan hingga Januari-Februari 2022. “Dampak dari Badai LaNina, curah hujan dengan intensitas cukup tinggi, angin kencang, gelombang tinggi, waktu musim hujan lebih panjang yang menyebabkan terganggunya arus penyebrangan barang dan orang, banjir, tanah longsor, pohon tumbang, gagal panen akibat sawah-sawah terendam banjir, rusaknya jalan atau jembatan dan nelayan pesisir tidak bisa melaut atau mencari ikan,” paparnya.

Atas dasar itulah, PMI Provinsi Bali meminta kepada seluruh jajaran pengurus, staf dan relawan di PMI Kabupaten/Kota se-Bali untuk mempersiapkann sumber daya manusia, sarana dan prasarana penunjang guna merespon terkait ancaman banjir, banjir bandang, angin ribut, longsor, abrasi dan rob.

“Kesiapan kita sangat diperlukan saat ini agar ketika ancaman itu terjadi, semua bisa bergerak cepat dan tepat melakukan respon, sehingga dapat mengurangi dampak kepada manusia maupun harta benda yang bakal ditumbulkannya,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Pengurus PMI Provinsi Bali mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kerja keras seluruh PMI Kabupaten/Kota yang telah berpartisipasi dalam Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Karangasem dan Tanah Longsor Bangli.

 

Peserta praktik membuat pelaporan dalam tanggap darurat

Peserta bimtek diberikan materi tentang Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Musim Penghujan disampaikan oleh I Made Sudarmayadnya S.Si dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar serta materi Pelaporan dalam Tanggap Darurat Bencana disampiakan oleh Luh Diah Andayani dari fasilitator PMI Provinsi Bali.

Dalam pemberian materi Pelaporan dalam Tanggap Darurat Bencana, para peserta pelatihan diberikan contoh kasus bencana. Peserta bekerja sama membuat laporan situasi dan rekap layanan berdasarkan contoh kasus yang diberikan. Mereka tampak sangat antusias dan berpartisipasi aktif melaksanakan tugas walaupun terkadang mengalami beberapa kendala. Hasil tugas kemudian dinilai bersama oleh fasilitator.***

307

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PRODUK INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) SUNGAI BAKAR JADI OLEH-OLEH KHAS AIR TERJUN BAJUIN, MELALUI PROGRAM LIMITLESS PMI TANAH LAUT

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Program Limitless Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Laut...

IKIP PGRI Bojonegoro Rekrut Relawan PMI

[caption id="attachment_35757" align="aligncenter" width="1024"] Pembukaan Pelatihan Dasar KSR PMI Unit IKIP PGRI Bojonegoro[/caption] Senin,...

PMI KECAMATAN AMBULU AKTIF GELAR DONOR DARAH

JEMBER – Kapolsek Ambulu AKP Ma’ruf dan Komandan Koramil Ambulu Kapten Arm Anton Hermawa...