PMI KOTA MAKASAR GELAR ORIENTASI UNTUK TIM SIBAT ANGKATAN I & II

Nurwarta Wiguna

Nurwarta Wiguna

KOTA MAKASAR, SULSEL,- PMI Kota Makasar menggelar orientasi Kepalangmerahan bagi calon anggota Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Angkatan I dan II. Acara yang digelar di Hotel Arthama, Senin (4/10/2021) tersebut dibuka Ketua PMI Kota Makasar, DR. Syamsu Rizal.

“Kegiatan ini digelar untuk membekali anggota Tim Sibat PMI Kota Makasar dengan materi-materi kepalangmerahan yang nantinya menjadi pedoman atau panduan bagi mereka ketika bekerja bersama masyarakat di wilayah masing-masing melakukan aksi-aksi kemanusiaan. Terutama meningkatkan kapasitas masyarakat agar selalu siap, siaga dan tangguh menghadapi bencana,” katanya.

Dijelaskan, peran Tim Sibat sebagai relawan desa sangat penting dan strategis dalam membantu PMI menyebarluaskan informasi kepalangmerahan kepada masyarakat. Selain itu, keberadaan mereka nantinya dapat meningkatkaan respon ketika terjadi bencana di wilayahnya, sehingga pelayanan PMI Kota Makasar kepada masyarakat bisa dilaksanakan secara cepat, tepat dan bermanfaat.

“Tim Sibat adalah anggota masyarakat yang dilatih dan dibina oleh PMI dan juga aparatur di desa atau kelurahan, agar nantinya mereka secara langsung dapat menyebarluaskan informasi kepalangmerahan, khususnya bidang kebencanaan, baik pengurangan risiko maupun tanggap darurat bencana kepada anggota masyarakat lainnya, juga ke perangkat desa/kelurahan,” ungkapnya.

Ketua Panitia Rekrutmen & Orientasi, Irwan Sukarana yang juga Wakil Sekretarais PMI Kota Makasar menjelaskan, kegiatan digelar setelah beberapa pekan PMI Kota Makasar melakukan rekrutmen Anggota Tim Sibat. “Hasil rekrutmen, puluhan warga dari tiga kecamatan yakni Biringkanaya, Tamalanrea dan Ujung Tanah yang mendaftar. Orientasi ini digelar selama tiga hari sebagai tindak lanjut dari kegiatan rekrutmen,” katanya.

Pemateri dalam kegiatan orientasi perekrutan anggota Tim Sibat Sekertaris PMI Kota Makassar, Abdul Gafur, Wakil Ketua Unit Donor Darah (UDD), Andi Umar Patta, Wakil Ketua Bidang Relawan, Irwan Ade Saputra dan Wakil Ketua Penanggulangan Bencana, Andi Fauzi Wawo.***

131

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

RELAWAN BANJARNEGARA BANGUN 16 SARANA MCK DI LOKASI PENGUNGSIAN SEMERU

BANJARNEGARA ( JAWA TENGAH ) – Kabupaten Banjarnegara kembali mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan...

DONOR DARAH DI ARUTMIN TAMBANG KINTAP, RIDAYAT SENANG BISA DONOR DARAH LAGI

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Dalam rangkaian bulan K3 Nasional tahun 2022 PT. Arutmin...

GERAK CEPAT DAN GERAK BERSAMA TANGANI BANJIR KALI JOMPO

JEMBER – Tim relawan PMI Kabupaten Jember gerak cepat turun langsung ke lokasi banjir...