PERINGATI HARI AIDS SEDUNIA, PMI KABUPATEN DEMAK BAGI PAKET SEMBAKO

Ade Heriyanto

Ade Heriyanto

KABUPATEN DEMAK, JATENG,- Sebagai bentuk dukungan dan upaya untuk mencapai Indonesia ending AIDS 2030, Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Demak mengadakan talkshow bertema “Akhiri AIDS, Cegah HIV, Akses untuk Semua”, Kamis (2/12/2021) di Pendopo Satya Bhakti Praja. Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai peringatan Hari AIDS se-Dunia Tahun 2021.

Bupati Demak, dr. Hj. Eisti’anah, SE saat membuka acara talkshow mengungkapkan perkembangan kasus HIV AIDS di Kabupaten Demak secara kumulatif sejak 2003 sampai Oktober 2021 sebanyak 638 kasus yang terdiri dari 366 laki-laki dan 272 perempuan, 545 kasus HIV dan 93 kasus AIDS. Kasus HIV AIDS tersebut rata-rata penderitanya merupakan usia produktif, pada ibu hamil dan ibu rumah tangga. “Diperlukan komitmen dan semua pemangku kepentingan untuk keberhasilan penanggulangan HIV AIDS untuk mendukung Indonesia Ending AIDS 2030, “ jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Demak, Drs. Muhammad Muzayyin, MH dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan talkshow antara lain sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kemandirian masyarakat, penguatan kelembagaan dan kolaborasi terintegrasi dalam pencegahan dan pengendalian HIV AIDS dan IMS serta penguatan kemitraan dan peran serta masyarakat. Ditambahkan pula untuk peserta kegiatan sebanyak 150 orang terdiri dari anggota Pokja KPA, Karang Taruna kecamatan, Pemuda Pancasila kecamatan, GP Ansor serta Konselor HIV AIDS se-Kabupaten Demak, dengan narasumber dr. Lisa Novi Puspitasari, Sp.PD dan dr. Singgih Setyono, M.Kes (Sekda Demak/Ketua PMI Kabupaten Demak)
Pada kesempatan itu, PMI Kabupaten Demak memberikan paket sembako bagi ODHA, yang diserahkan simbolis oleh Bupati Demak sebanyak 25 paket. “Ini bagian dari partisipasi PMI Demak pada peringatan Hari AIDS 2021 ini,” kata Ketua PMI Demak.***

116

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

RELAWAN BANJARNEGARA BANGUN 16 SARANA MCK DI LOKASI PENGUNGSIAN SEMERU

BANJARNEGARA ( JAWA TENGAH ) – Kabupaten Banjarnegara kembali mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan...

DONOR DARAH DI ARUTMIN TAMBANG KINTAP, RIDAYAT SENANG BISA DONOR DARAH LAGI

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Dalam rangkaian bulan K3 Nasional tahun 2022 PT. Arutmin...

GERAK CEPAT DAN GERAK BERSAMA TANGANI BANJIR KALI JOMPO

JEMBER – Tim relawan PMI Kabupaten Jember gerak cepat turun langsung ke lokasi banjir...