SEBANYAK 400 KK DI DESA BANGUN SARI-TANJUNG MORAWA TERDAMPAK BANJIR

Supriadi Herlambang

Supriadi Herlambang

KAB. DELI SERDANG, SUMUT,- Sebanyak 400 Kepala Keluarga (KK) di Desa Bangun Sari, Kecaamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dilanda banjir pada Selasa (02/11/2021) akibat tingginya curah hujan disertai angin yang terjadi selama 3 (tiga) hari.

“Akibat luapan air sungai yang ada di sekitar lokasi, berdampak pada 400 KK warga yang berada di Desa Bangun Sari. Ketinggian air mencapai permukiman warga terjadi Selasaa dini hari sekira jam 05.00 WIB . Air sempat surut, tetapi lima jam kemudian, debit air kembali naik dan sejumlah warga mengungsi ke tempat yang lebih aman,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Bencana PMI Deli Serdang, Supriadi Herlambang.

PMI Kabupaten Deli Serdang yang mendapat informasi, berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Deli Serdang dan menuju lokasi banjir dengan membawa 2 unit perahu fiber milik BPBD Kabupaten Deli Serdang.

“Kami melakukan respons mengevakuasi balita, lansia, anak-anak, ibu hamil serta warga yang sakit, karena lebih rentan terserang penyakit dan membahayakan jiwa apabila tidak segera diungsikan. Jelang magrib, ratusan KK berhasil dievakuasi oleh tim PMI  dan stakeholder kebencanaan lainnya yang bertugas di lokasi kejadian, ” tandasnya.

Relawan PMI juga, lanjut Supriadi berusaha membujuk beberapa warga yang enggan untuk dievakuasi ke tempat aman. Mereka awalnya tetap bertahan meski kondisi genangan air sudah merendam rumah mereka. “Dengan berbagai upaya, akhirnya rekan-rekan relawan PMI bisa mengevakuasi warga ke tempat aman,” ungkapnya.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Deli Serdang, Zainal A. Hutagalung melaporkan, aksi cepat relawan PMI merespon kejadian banjir menjadi semangat bagi relawan-relawan lainnya. “Terima kasih atas respon yang cepat yang dilakukan rekan-rekan Relawan PMI, sehingga warga dapat dievakuasi.**

217

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

RELAWAN BANJARNEGARA BANGUN 16 SARANA MCK DI LOKASI PENGUNGSIAN SEMERU

BANJARNEGARA ( JAWA TENGAH ) – Kabupaten Banjarnegara kembali mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan...

DONOR DARAH DI ARUTMIN TAMBANG KINTAP, RIDAYAT SENANG BISA DONOR DARAH LAGI

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Dalam rangkaian bulan K3 Nasional tahun 2022 PT. Arutmin...

GERAK CEPAT DAN GERAK BERSAMA TANGANI BANJIR KALI JOMPO

JEMBER – Tim relawan PMI Kabupaten Jember gerak cepat turun langsung ke lokasi banjir...