TIGA WISATAWAN DIKABARKAN TENGGELAM, PMI BANTU PENCARIAN DAN EVAKUASI

Aril Solehudin

Aril Solehudin

KABUPATEN SUKABUMI – Tiga Orang Pengunjung Wisata Danau Situgunung desa sukamanis kec kadudampit , Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dikabarkan Tenggelam, pada Minggu, 1 Januari 2023. Dua di antara tiga orang yang tenggelam Tersebut Meninggal Dunia.

“kedua korban yakni Nandi (21) warga Cianjur, dan Benthar Kutanagara (28) warga Bandung sudah dievakuasi oleh Tim SAR gabungan dengan kondisi meninggal dunia. sementara itu Satu orang korban yang bernama Elvin (24) asal sukabumi berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat oleh pengemudi rakit wisata.

dr. Hondo Suwito Ketua PMI Kabupaten Sukabumi Menambahkan dalam membantu oprasi Sar ini, pihaknya menurunkan , Satu staf, dan 7 relawanya, tersebut, untuk membantu Proses Pencarian Serta evakuasi korban, selain itu menyiagakan satu unit kendaraan Ambulance dan perlengkapan pertolongan pertama.

Fazzli, S.A.P., M.Si., Kepala Kantor SAR Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) Mengatakan, Kejadian ini bermula wisatawan yang berjumlah 17 orang menyewa rakit yang disediakan di tempat tersebut, kemudian Sesampai nya ditengah danau seorang wisatawan yang bernama Benthar Kutanagara (28) menceburkan dirinya ke situ tersebut untuk berenang.

Saat itu korban tidak terlihat muncul kembali kepermukaan, kedua rekannya yang bernama Nandi (21) dan Elvin (24) kemudian melakukan upaya penyelamatan terhadap rekannya tersebut. Namun karena kurangnya kemampuan mereka berenang sehingga menyebabkan keduanya ikut menjadi korban

Satu orang korban yang bernama Elvin (24) berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat oleh pengemudi rakit wisata tersebut namun kedua korban lainnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Korban atas nama Nandi (21) ditemukan dalam keadaan meninggal dunia sekitar pukul 11.15 WIB oleh tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia sedangkan korban atas nama Benthar Kutanagara (28) ditemukan pada pukul 16.12 WIB.

Selanjutnya, Jasad korban terakhir kami temukan dalam kondisi sudah meninggal dunia dan langsung dievakuasi ke RS Betha Medika Cisaat dengan menggunakan Ambulance PMI Kabupaten Sukababumi,”ujar Fazzli

Fazzli menegaskan, agar seluruh wisatawan memperhatikan faktor keselamatan apabila sedang mengunjungi objek wisata serta kepada pengelola wisata juga agar selalu mengingatkan para wisatawan supaya kejadian tersebut tidak terulang kembali.

Sebelumnya puluhan personil SAR gabungan dikerahkan dalam upaya pencarian dengan melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian menggunakan perahu karet. Unsur SAR gabungan yang terlibat terdiri dari Pos SAR Sukabumi, Polsek Cisaat, Koramil Cisaat, Polres Kota Sukabumi, BPBD Kab.Sukabumi, PMI Kabupaten Sukabumi, IEA Sukabumi, SAR Khatulistiwa, Pramuka Peduli, Phantera, TNGP, BPBD Kota Sukabumi, Relawan Doa, Sehati Gerak Bersama, dan masyarakat.

Bagikan:

BERITA LAINNYA